Pemrograman arah kiblat metode vincenty menggunakan microsoft visual basic 6.0

Lailatus, Shofiyah (2022) Pemrograman arah kiblat metode vincenty menggunakan microsoft visual basic 6.0. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046095_Lailatus_Shofiyah] Text (Skripsi_1802046095_Lailatus_Shofiyah)
Skripsi_1802046095_Lailatus_Shofiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Menghadap kiblat adalah salah satu syarat sah salat, yang dapat dilakukan dengan perhitungan dan pengukuran. Ada dua teori perhitungan yang dapat digunakan untuk menghitung arah kiblat, yaitu teori trigonometri bola dan teori vincenty (geodesi). Trigonometri bola menggunakan asumsi bumi berbentuk bulat bola, sedangkan teori vincenty mempertimbangkan bentuk bumi ellipsoid sehingga teori ini dinilai lebih akurat. Saat ini untuk mengetahui arah kiblat cukup mudah, dapat melihat di internet maupun aplikasi-aplikasi atau software arah kiblat. Berdasarkan hal tersebut, penulis berinisiasi mengimplementasikan arah kiblat dengan metode vincenty dalam bentuk suatu program / software. Tujuan penelitian ini adalah sebagai bentuk kontribusi untuk disiplin ilmu Falak berupa inovasi dan pengembangan produk guna membantu khalayak umum, untuk mengetahui data perhitungan arah kiblat metode vincenty.

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana proses perancangan program arah kiblat metode vincenty menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, dan bagaimana hasil uji fungsional dan uji akurasi program arah kiblat metode vincenty menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development dengan analisis deskriptif dan komparatif. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi. Program yang dibuat penulis melalui beberapa tahapan, mulai dari perancangan, implementasi, hingga uji coba yang meliputi uji fungsional dan uji akurasi terhadap hasil dari program arah kiblat vincenty.

Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama,
program arah kiblat ini dibuat dan dirancang dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, untuk menghubungkan database koordinat tempatnya menggunakan Microsoft Acces. Kedua, program ini hanya dapat digunakan pada operasi sistem windows. Kemudian dari uji akurasi dengan Islamic Times diketahui hanya terdapat selisih pada detik. Sehingga hasil perhitungan yang dihasilkan program arah kiblat ini memiliki keakuratan yang layak untuk dijadikan pedoman perhitungan arah kiblat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Vincenty; Software
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:26
Last Modified: 25 Nov 2022 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18039

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics