Uji akurasi algoritma arah kiblat al-Biruni dalam kitab Tahdid Nihayat al-Amakin Litashih Masafat al-Masakin

Pratama, Ryky Dian (2022) Uji akurasi algoritma arah kiblat al-Biruni dalam kitab Tahdid Nihayat al-Amakin Litashih Masafat al-Masakin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046100_Ryky _Dian_Pratama] Text (Skripsi_1802046100_Ryky _Dian_Pratama)
Skripsi_1802046100_Ryky _Dian_Pratama.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Al-Biruni merupakan seorang astronom Muslim abad pertengahan, yang memiiki banyak karya dibidang astronomi dan matematika. Salah satu karyanya ialah kitab Tahdi ̅d Niha ̅ya ̅t al-Ama ̅kin li Taṣhi ̅h Masa ̅fa ̅t al-Masa ̅kin, merupakan kitab yang membahas tentang penentuan koordinat geografis suatu daerah dan arah kiblat. Metode algoritma arah kiblat Al-Biruni menggunakan aturan sinus cosinus trigonometri (segitiga bola). Dan fokus permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana metode algoritma arah kiblat Al-Biruni dalam kitab Tahdi ̅d Niha ̅ya ̅t al-Ama ̅kin li Taṣhi ̅h Masa ̅fa ̅t al-Masa ̅kin dan 2). Bagaimana tingkat akurasi algoritma arah kiblat Al-Biruni dalam kitab tersebut.
Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif menggunakan library research atau kepustakaan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kitab Tahdi ̅d Niha ̅ya ̅t al-Ama ̅kin li Taṣhi ̅h Masa ̅fa ̅t al-Masa ̅kin. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif analitik, dengan melakukan analisis terhadap pemikiran dan metode algoritma arah kiblat Al-Biruni.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa metode algoritma arah kiblat Al-Biruni dalam kitab Tahdi ̅d Niha ̅ya ̅t al-Ama ̅kin li Taṣhi ̅h Masa ̅fa ̅t al-Masa ̅kin bisa diterapkan dalam penentuan arah kiblat. Hal ini sudah dibuktikan dengan melakukan uji akurasi menggunakan metode kontemporer (ephemeris) dan metode Al-Biruni dalam kitab Al-Qa ̅nu ̅n al-Mas`u ̅di ̅. Hasil yang diperoleh dari pengujian kedua metode tersebut ditemui selisihnya tidak sampai pada menit atau bahkan derajat, dan metode Al-Biruni ini bias diterapkan dalam penentuan arah kiblat secara akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Uji akurasi; Arah kiblat; Al-Biruni; Algoritma; Trigonometri Bola
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:29
Last Modified: 28 Nov 2022 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18042

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics