Digitalisasi penerimaan peserta didik baru dalam mengembangkan manajemen peserta didik di MTS Darul Ulum Bringin

Nasirudin, Humam (2022) Digitalisasi penerimaan peserta didik baru dalam mengembangkan manajemen peserta didik di MTS Darul Ulum Bringin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036037_Humam_Nasirudin] Text (Skripsi_1803036037_Humam_Nasirudin)
Skripsi_1803036037_Humam_Nasirudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Sekarang ini media digital sudah berkembang semakin pesat, hal tersebut menjadi tantangan baru bagi dunia pendidikan, salah satunya MTs Darul Ulum Bringin. Dalam menanggapi perkembangan zaman ini dan juga berbagai permasalahan pengelolaan lembaga pendidikan terkhusus dalam bidang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang berada dalam kondisi pandemi covid-19 dan persaingan antar lembaga pendidikan di sekitarnya dalam mendapatkan peserta didik baru guna pengembangan manajemen peserta didik di lembaga pendidikan tersebut. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memaparkan implementasi digitalisasi PPDB di MTs Darul Ulum bringin serta untuk mengetahui sejauh mana peran penting yang telah diberikan dengan adanya digitalisasi PPDB di MTs Darul Ulum Bringin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode pengumpulan data, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya untuk uji keabsahan data mengunakan tringulasi sumber dan teknik. kemudian data dianalisis berdasarkan hasil temuan lapangan. dan pada akhirnya data dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Implementasi digitalisasi penerimaaan peserta didik baru dalam mengembangkan manajemen peserta didik di MTs Darul Ulum Bringin berjalan dengan sangat baik walaupun masih banyak kekurangan dalam pelaksanaanya sehingga perlu berbenah diri untuk lebih baik lagi ditahun yang akan datang. 2) peran digitalisasi penerimaan peserta didik baru dalam mengembangkan manajemen peserta didik di MTs Darul Ulum Bringin sangat efektif, dengan adanya digitalisasi ini kegiatan penerimaan peserta didik dan manjemen peserta didik sangat terbantu dalam meringankan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi; Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB); Manajemen peserta didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:01
Last Modified: 24 Nov 2022 04:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18050

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics