Karakteristik Kyai Desa Dawungsari Kec. Pegandon Kab. Kendal dalam konsep filsafat eksistensi soren aabye kierkegaard

Iksakta, Muhammad Arfan Pramana (2022) Karakteristik Kyai Desa Dawungsari Kec. Pegandon Kab. Kendal dalam konsep filsafat eksistensi soren aabye kierkegaard. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804016045_Muhammad_Arfan_Pramana_Iksakta] Text (Skripsi_1804016045_Muhammad_Arfan_Pramana_Iksakta)
Skripsi_1804016045_Muhammad_Arfan_Pramana_Iksakta.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami lebih dalam pada karakteristik yang dimiliki kyai, merumuskan tentang bagaimana karakteristik kyai dalam konsep filsafat eksistensialisme Soren Aabye Kierkegaard dan bagaimana peran eksistensi kyai terhadap masyarakat dengan menggunakan tinjauan dalam konsep filsafat eksistensialisme Soren Aabye Kierkegaard. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian dengan sistematis menggunakan data di lapangan. Sumber data penelitian ini yakni data primer sebagai subjek penelitian adalah kyai-kyai di Desa Dawungsari Kec. Pegandon Kab. Kendal dengan beberapa indikator seperti kapasitas individu kyai dan legitimasi masyarakat terhadap kyai dengan pendekatan metode kualitatif yang diambil sebanyak 7 kyai dan data sekunder berupa buku-buku dan tulisan-tilisan tentang filsafat Soren Aabye Kierkegaard yang relevan. Analisis ini menggunakan model analisis Interaktif Miles dan Huberman dengan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kyai desa dawungsari mempunyai moralitas dan perilaku yang baik dengan merealisasikan diri serta terlibat langsung mengisi kebebasan sebagai pemenuhannya, dimana kyai mempunyai peranan yang penting terhadap dinamika-dinamika yang terjadi pada masyarakat. Karakteristik yang dimiliki kyai dan perannya dapat merubah individu untuk membangun pengalaman diri dalam kesehariannya, memberikan pertimbangan terhadap keberhasilan seseorang dalam mengambil keputusan. Kyai-kyai di desa dawungsari merupakan diri yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan orang lain dan memiliki pembentukan diri untuk sadar secara penuh atas pilihan dari individu diri kyai sebagai bentuk komitmennya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kyai desa; filsafat eksistensi; Soren Kierkegaard
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 26 Nov 2022 06:58
Last Modified: 26 Nov 2022 06:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18074

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics