Manajemen boarding school dalam upaya peningkatan mutu lulusan di MAN Pemalang

Muthoharoh, Lutfia (2022) Manajemen boarding school dalam upaya peningkatan mutu lulusan di MAN Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036073_Lutfia_Muthoharoh] Text (Skripsi_1803036073_Lutfia_Muthoharoh)
Skripsi_1803036073_Lutfia_Muthoharoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Suatu pendidikan dapat dikatakan sudah mencapai tujuan andaikata lulusan yang dihasilkan mampu bersaing dengan mutu lulusannya. Usaha meningkatkan mutu lulusan tidaklah lepas dari peningkatan mutu pendidikan. Maka antara proses dan juga hasil pendidikan harus saling berhubungan. mutu diartikan sebagai hasil harus dirumuskan oleh sekolah terlebih dahulu dan harus jelas target yang akan dicapai tiap tahunnya. Sehingga input dan proses selalu mengacu ouput yang hendak dicapai.
Penelitian ini mengambil fokus pada permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan boarding school dalam upaya peningkatan mutu lulusan di MAN Pemalang, (2) Bagaimana pelaksanaan boarding school dalam upaya peningkatan mutu lulusan di MAN Pemalang, (3) Bagaimana evaluasi boarding school dalam upaya peningkatan mutu lulusan di MAN Pemalang.Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul dianalisis dengan cara menggunakan reduksi data, penyajian data, melakukan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) perencanaan boarding school menggunakan beberapa tahap: penentuan tujuan; menentukan pelaksana kegiatan; menentukan program kegiatan. (2) pelaksanaan boarding school dengan langkah-langkah: bimbel sore dan malam, pembiasaan, pemberian mufradat, pemberian sanksi. (3) evaluasi boarding school dengan menggunakan model evaluasi CIPP.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; boarding school; MAN Pemalang; Kualitas lulusan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:11
Last Modified: 25 Nov 2022 03:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18082

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics