Pengaruh strategi produk dan promosi pendidikan terhadap keputusan orang tua siswa memilih sekolah MI Miftahul Akhlaqiyah

Wati, Yesi Noor Azura (2022) Pengaruh strategi produk dan promosi pendidikan terhadap keputusan orang tua siswa memilih sekolah MI Miftahul Akhlaqiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036075_Yesi_Noor_Azura_Wati] Text (Skripsi_1803036075_Yesi_Noor_Azura_Wati)
Skripsi_1803036075_Yesi_Noor_Azura_Wati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Peserta didik merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Apabila peserta didik di sekolah semakin sedikit, hal ini bisa berdampak pada pendidik dan tenaga kependidikan otomatis akan dikurangi bila peserta didik berkurang. Hal tersebut juga disebabkan banyaknya lembaga sekolah yang bersaing untuk mendapatkan peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi produk dan promosi pendidikan secara simultan terhadap keputusan orang tua siswa memilih sekolah di MI Miftahul Akhlaqiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode stratified random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua siswa MI Miftahul Akhlaqiyah yang berjumlah 183 orang. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner.
Berdasarkan uji hipotesis pertama diperoleh nilai koefisien korelasi yaitu r = 0,671. Sedangkan dengan taraf signifikansi 5% hasil uji t diperoleh t hitung (12,185) > t tabel (1,98) berarti menerima Ha dan menolak H0. Artinya strategi produk berpengaruh terhadap keputusan orang tua siswa dalam memilih sekolah dengan kontribusi 45,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan uji hipotesis kedua diperoleh nilai koefisien korelasi yaitu r = 0,5158. Sedangkan dengan taraf signifikansi 5% hasil uji t diperoleh t hitung (8,101) > t tabel (1,98) berarti menerima Ha dan menolak H0. Artinya strategi produk berpengaruh terhadap keputusan orang tua siswa dalam memilih sekolah dengan kontribusi 45,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan uji koefisien korelasi variabel diperoleh r = 0,696. Sedangkan hasil uji F dalam taraf signifikansi 5% diperoleh hasil Fhitung (84,469) > Ftabel (3,04) dari uji signifikansi secara simultan (uji F) adalah menerima Ha dan menolak H0. Artinya strategi produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan orang tua siswa dalam memilih sekolah dengan kontribusi 48,42% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi produk; Strategi promosi; Keputusan orang tua siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:45
Last Modified: 28 Nov 2022 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18085

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics