Pengaruh pengetahuan akuntansi dan perilaku herding terhadap penerapan sistem informasi akuntansi dengan niat sebagai variabel mediasi (studi kasus pada UMKM di Kabupaten Tegal)

Reynaldi, Reza (2022) Pengaruh pengetahuan akuntansi dan perilaku herding terhadap penerapan sistem informasi akuntansi dengan niat sebagai variabel mediasi (studi kasus pada UMKM di Kabupaten Tegal). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1805046042_Reza_Reynaldi] Text (Skripsi_Lengkap_1805046042_Reza_Reynaldi)
Skripsi_1805046042_Reza_Reynaldi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Akuntansi memegang peranan penting dalam dunia ekonomi, bisnis hingga kelangsungan kegiatan usaha masyarakat karena dalam pengambilan keputusan yang bersifat keuangan haruslah berdasarkan informasi akuntansi. Tanpa adanya akuntansi, kegiatan ekonomi ataupun kegiatan masyarakat tentunya akan berjalan dengan lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan akuntansi dan perilaku herding terhadap penerapan sistem informasi akuntansi dengan niat sebagai variabel mediasi (studi kasus pada UMKM di Kabupaten Tegal).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu incidental sampling. Data yang didapat dalam penelitian ini kemudian diolah menggunakan program SPSS. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2022 s.d 7 April 2022. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pelaku UMKM yang terdaftar pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tegal. Peneliti mengambil sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi, analisis jalur, dan uji sobel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan akuntansi dan perilaku herding berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menerapkan sistem informasi akuntansi. Pengetahuan akuntansi dan niat berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan sistem informasi akuntansi. Sedangkan perilaku herding berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap penerapan sistem informasi akuntansi. Hasil uji sobel menyatakan bahwa niat mampu memediasi pengaruh pengetahuan akuntansi terhadap penerapan sistem informasi akuntansi dan perilaku herding terhadap penerapan sistem informasi akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Akuntansi; Perilaku Herding; Penerapan Sistem Informasi Akuntansi; Niat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 29 Nov 2022 09:45
Last Modified: 29 Nov 2022 09:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18090

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics