Pengaruh persepsi atas penyajian laporan keuangan, pengetahuan akuntansi dan kepatuhan pajak pelaku UMKM terhadap penyusunan laporan keuangan berstandar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah (SAK EMKM) (studi kasus pada UMKM klaster batik di Kota Pekalongan)

Nisa', Khaeru (2022) Pengaruh persepsi atas penyajian laporan keuangan, pengetahuan akuntansi dan kepatuhan pajak pelaku UMKM terhadap penyusunan laporan keuangan berstandar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah (SAK EMKM) (studi kasus pada UMKM klaster batik di Kota Pekalongan). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Khaeru_Nisa'_1805046071_Skripsi_Lengkap] Text (Khaeru_Nisa'_1805046071_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1805046071_Khaeru_Nisa'.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi atas penyajian laporan keuangan, pengetahuan akuntansi, dan kepatuhan pajak pelaku UMKM terhadap penyusunan laporan keuangan sesuai SAK EMKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitafif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) klaster batik di Kota Pekalongan. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui metode simple random sampling dengan menyebar kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi atas penyajian laporan keuangan berpengaruh terhadap penyusunan laporan keuangan sesuai SAK EMKM pada UMKM klaster batik di Kota Pekalongan, sedangkan variabel pengetahuan akuntansi dan kepatuhan pajak pelaku UMKM tidak berpengaruh terhadap penyusunan laporan keuangan sesuai SAK EMKM pada UMKM klaster batik di Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: UMKM; Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai SAK EMKM; Persepsi atas Penyajian Laporan Keuangan; Kepatuhan Pajak Pelaku UMKM
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 350 Public administration > 354 Of specific central governments
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:50
Last Modified: 30 Nov 2022 04:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18096

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics