Strategi kepemimpinan kepala madrasah di masa school reopening (studi kasus: MA Darul Ulum Kota Semarang)

Masruroh, Anis (2022) Strategi kepemimpinan kepala madrasah di masa school reopening (studi kasus: MA Darul Ulum Kota Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Anis_Masruroh_1803036096_Skripsi_Lengkap] Text (Anis_Masruroh_1803036096_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1803036096_Anis_Masruroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya hasil belajar peserta didik karena adanya covid-19 yang menjadikan penutupan sekolah, yang berakibat sistem pembelajaran yang kurang maksimal, infrastruktur pengajaran online yang buruk, kurangnya pengalaman guru. Oleh karena itu, secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi kepemimpinan kepala madrasah di masa school reopening, penelitian ini dilaksanakan di MA Darul Ulum Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi data. Adapun teknis analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan kepala madrasah di masa school reopening sebagai berikut, (1) Strategi kepala madrasah dalam keberhasilan pelaksanaan program school reopening yaitu dengan adanya analisis lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, serta evaluasi strategi. (2) School reopening ini diharapkan dapat menjadi jendela baru guna memperbaiki kesenjangan dalam proses pembelajaran jarak jauh. (3) School reopening memberikan implikasi yang cukup signifikan bagi peningkatan hasil belajar peserta didik dan kualitas mengajar guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah; School reopening; Implikasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 30 Nov 2022 05:06
Last Modified: 30 Nov 2022 05:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics