Spritual dan etos kerja pedagang muslim dan pedagang kristen di Pasar Gladag Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal

Baehaqi, Jibril (2022) Spritual dan etos kerja pedagang muslim dan pedagang kristen di Pasar Gladag Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804036033_Jibril_Baehaqi] Text (Skripsi_1804036033_Jibril_Baehaqi)
Skripsi_1804036033_Jibril_Baehaqi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pada skripsi ini peneliti membahas tentang “Spiritualitas dan Etos Kerja Pedagang Muslim dan Pedagang Kristen di Pasar Gladag Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal”, salah satunya khusus pedagang di Pasar Gladag Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Etos kerja tinggi seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, begitu pula dengan bentuk spiritualitas seseorang merupakan hal yang berkaitan satu sama lain. Berangkat dari keingintahuan peneliti dengan etos kerja dan spiritualitas yang dimiliki para pedagang baik Muslim dan Kristen di Pasar Gladag Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal, sehingga peneliti mengangkat judul tersebut untuk dijadikan penelitian. Adapun peneliti mengangkat dua rumusan masalah yaitu pertama, Bagaimana etos kerja pedagang Muslim dan pedagang Kristen di Pasar Gladag Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal?, kedua, Bagaimana hubungan antara spiritualitas dan etos kerja pedagang Muslim dan pedagang Kristen di Pasar Gladag Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal?
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, namun pada sifatnya menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan, dengan cara observasi, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan dan wawancara dari beberapa informan pedagang Muslim dan pedagang Kristen di Pasar Gladag Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal, buku-buku yang berkaitan dengan spiritualitas dan etos kerja, dan kamus. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan /lapangan terhadap data hasil wawancara dan buku-buku.
Hasil yang didapat dari penelitian ini bahwa sebagian besar dari beberapa informan pedagang Muslim dan pedagang Kristen di Pasar Gladag Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal beretos kerja tinggi, yang mana memenuhi dari beberapa indikator etos kerja. Dan mereka beranggapan spiritualitas merupakan keterkaitan dengan etos kerja yang harus diterapkan oleh setiap pedagang ketika sedang melakukan kegiatan berdagang. Menurut peneliti spiritualitas dan etos kerja merupakan hubungan yang terikat satu sama lain. Karena faktor-faktor yang mempengaruhi spiritualitas yang baik juga membentuk etos kerja seseorang menjadi baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas; Etos kerja; Pedagang; Muslim; Kristen
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 30 Nov 2022 09:49
Last Modified: 30 Nov 2022 09:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18133

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics