Strategi orang tua dalam menanamkan kesadaran ibadah sholat pada anak usia dini di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati

Lathifani, Fitri (2022) Strategi orang tua dalam menanamkan kesadaran ibadah sholat pada anak usia dini di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106033_Fitri_Lathifani] Text (Skripsi_1803106033_Fitri_Lathifani)
Skripsi_1803106033_Fitri_Lathifani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (717kB)

Abstract

Menanamkan kesadaran ibadah sholat pada anak usia dini merupakan sesuatu yang sangat penting. Sebab, pendidikan yang diperoleh seorang anak pada masa awal akan berpengaruh pada kemudian hari. Skripsi. Latar belakang penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui bagaimana strategi orang tua dalam menanamkan kesadaran ibadah sholat pada anak usia dini di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Kedua untuk mengetahui kendala yang dilakukan orang tua dalam menanamkan kesadaran ibadah sholat pada anak usia dini di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten pati.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu data-data yang ada berupa kata-kata bukan berupa angka atau data statistik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi orang tua dalam menanamkan kesadaran ibadah sholat pada anak usia dini yaitu dengan menggunakan cara orang tua membiasakan mengajak anaknya shalat berjama’ah dimushola, ada yang mencohkan seperti orang tua melakukan sholat dulu anak akan menurukan sholat, ada yang melatih berulang-ulang, menasehati pentinya sholat, dan selalu mendoakan serta ada yang menggunakan cara menyekolahkan anaknya diTPQ. Adapun Kendala yang dialami orang tua dalam menanamkan kesadaran ibadah sholat pada anak usia dini yaitu kesibukan pekerjaan dari orang tua sehingga kurang mendidik anak-anaknya dan kendala dari anak adalah sering malas bangun pada waktu subuh dan kadang malas melaksanakan shalat dikarenakan terlalu asik menonton TV, main HP dan asik bermain bersama dengan teman-temannya sehingga kelelahan dan ketiduran pada siang dan malam hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Orang Tua; Ibadah Sholat; Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 02 Dec 2022 09:21
Last Modified: 02 Dec 2022 09:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18138

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics