Upaya guru menanamkan karakter religius pada anak usia 5-6 tahun melalui metode story telling di RA Thoriqotul Ulum Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2021/2022

Sari, Izha Rahma (2022) Upaya guru menanamkan karakter religius pada anak usia 5-6 tahun melalui metode story telling di RA Thoriqotul Ulum Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106034_Izha_Rahma_Sari] Text (Skripsi_1803106034_Izha_Rahma_Sari)
Skripsi_1803106034_Izha_Rahma_Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang upaya guru mendidik, membimbing dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. Oleh karena itu guru sangat penting didalam memberikan pengajaran, kepada anak sesuai dengan kemampuan yang guru miliki. Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru menanamkan karakter religius pada anak usia 5-6 tahun melalui metode story telling di RA Thoriqotul Ulum Wedarijaksa Pati.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsehan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru menanamkan karakter religius pada anak usia 5-6 tahun melalui metode story telling di RA Thoriqotul Ulum Wedarijaksa Pati sudah tergolong cukup hal ketika guru melakukan proses pembelajaran berlangsung dengan menanamkan karakter religius melalui metode story telling, upaya guru melalui mencontohkan, membiasakan disiplin, sebagai motivator. Adapun nilai-nilai karakter yang ditanamkan guru melalui metode story telling pada anak usia dini yaitu dengan jujur, tanggung jawab, sopan santun, cinta kepada Allah, baik dan rendah hati, toleransi, percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Karakter religius; Metode story telling
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:51
Last Modified: 25 Nov 2022 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18140

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics