Tipologi resepsi Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang

Sanaya, Zida Ilma (2022) Tipologi resepsi Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026018_Zida_Ilma_Sanaya] Text (Skripsi_1804026018_Zida_Ilma_Sanaya)
Skripsi_1804026018_Zida_Ilma_Sanaya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Resepsi al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an al-Hikmah yang berlokasi di Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang tercermin dalam berbagai kegiatan di dalamnya, baik kegiatan harian, mingguan, maupun kondisional. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bentuk-bentuk resepsi al-Qur’an yang kemudian akan diklasifikasikan secara konseptual menurut tipologi resepsi yang dikemukakan oleh Ahmad Rafiq, yaitu: resepsi eksegesis, resepsi estetika dan resepsi fungsional.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan observasi lapangan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah fenomenologi dan menggunakan teori sosiologi pengetahuan yang dikemukakan oleh Karl Mannheim. Teori tersebut mengatakan bahwa setidaknya terdapat tiga makna dalam perilaku manusia: makna objektif, makna ekspresif dan makna dokumenter.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah praktik resepsi al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang terimplementasikan dalam kegiatan santri. Resepsi eksegesis terimplementasikan dalam pengajian kitab Tafsir Jalālain; resepsi estetika terimplementasikan dalam pemanfaatan kaligrafi sebagai aksesoris ndalem dan dinding kamar-kamar santri; resepsi fungsional terimplementasikan dalam rutinitas pembacaan ayat QS. Al-Anbiyā’ ayat 79 dan kegiatan pembacaan surah Yasin. Selain itu, terdapat beberapa bentuk praktik resepsi yang tidak dapat dikategorikan dalam tipologi resepsinya Ahmad Rafiq, yaitu praktik-praktik preservasi al-Qur’an seperti setoran al-Qur’an, tartilan, muraāja’ah, dan sima’an.
Setelah melakukan analisis, makna objektif menunjukkan bahwa praktik resepsi al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang merupakan sebuah simbolisasi ketakziman dan kepatuhan santri terhadap peraturan pondok dan seorang guru/kyai. Makna ekspresifnya adalah bentuk upaya penanaman nilai dengan perkara-perkara kebaikan deangan pendekatan dengan al-Qur’an. Makna dokumenternya adalah sebagai bentuk kontekstualisasi sistem kebudayaan meyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Resepsi Al-Qur’an; Tipologi; Simbolisasi; Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Al-Hikmah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:46
Last Modified: 25 Nov 2022 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18144

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics