Praktik pembacaan Al-Qur’an Surah Yusuf ayat 04 di Pondok Pesantren Yana Bi’ul Ulum Warrohmah Kudus : studi living Qur’an

Husna, Azzah Luqinatul (2022) Praktik pembacaan Al-Qur’an Surah Yusuf ayat 04 di Pondok Pesantren Yana Bi’ul Ulum Warrohmah Kudus : studi living Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026035_Azzah_Luqinatul_Husna] Text (Skripsi_1804026035_Azzah_Luqinatul_Husna)
Skripsi_1804026035_Azzah_Luqinatul_Husna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rasa ketertarikan penulis pada praktik pembacaan al-Qur’an Surah Yu>suf ayat 04 yang diterapkan sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Yana>bi>’ul Ulum Warrohmah Kudus sampai sekarang. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai praktik tersebut. Dalam penelitian ini, penulis membagi dua rumusan masalah, yakni bagaimana pandangan pesantren pada praktik pembacaan al-Qur’an Surah Yu>suf ayat 04 dan apa makna yang terkandung dalam praktik tersebut.
Penelitian ini termasuk dalam kajian living Qur’an dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, yang mana dalam kajian ini membahas tentang respon umat Islam terhadap al-Qur’an yang mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field research).
Adapun hasil dari penelitian ini adalah dalam praktik pembacaan al-Qur’an Surah Yu>suf ayat 04 di Pondok Pesantren Yana>bi>’ul Ulum Warrohmah Kudus diawali dengan membaca 5 surah pilihan, yang dibaca setiap selesai shalat fardhu berjamaah. Kelima surah tersebut adalah Surah al-Wa>qi’ah, Surah ad-Dukha>n, Surah ar-Rah}ma>n, Surah Ya>si>n dan Surah al-Mulk. Dan Surah Yu>suf ayat 04 ini dibaca setelah selesai membaca surah-surah pilihan tersebut. Sebelum membaca 5 surah pilihan juga diawali dengan membaca wirid, sholawat tibbil qulub dan doa yang dipimpin oleh pengasuh pondok.
Pengasuh serta para ustadz/ustadzah di Pondok Pesantren Yana>bi>’ul Ulum Warrohmah meyakini bahwa adanya pembacaan 5 surah pilihan dan praktik pembacaan Surah Yu>suf ayat 04 ini membawa keberkahan di dalam pondok pesantren serta dapat membantu santri dalam pendidikan karakter yang terkandung dalam Surah Yu>suf ayat 04 tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Quran; Surah Yusuf; Living Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 02 Dec 2022 09:23
Last Modified: 02 Dec 2022 09:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18148

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics