Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis Android “Plant Tissue-App” untuk melatih keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMA

Wahyuni, Rindi (2022) Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis Android “Plant Tissue-App” untuk melatih keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808086001_Rindi_Wahyuni] Text (Skripsi_1808086001_Rindi_Wahyuni)
Skripsi_1808086001_Rindi_Wahyuni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Di era industri 4.0 ilmu pengetahuan, teknologi, dan komunikasi (IPTEK) telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal ini menunjukkan adanya keterkaitan yang erat antara teknologi dan ilmu pengetahuan sehingga keduanya sulit dipisahkan. Berbagai macam produk yang dihasilkan dari inovasi teknologi di mana telah banyak membantu kehidupan manusia dalam berbagai aspek, tak terkecuali aspek pendidikan yang juga menuntut sumber daya manusianya untuk memiliki kemampuan melek teknologi dan juga berpikir kritis yang dapat dilatih melalui ketrampilan argumentasi ilmiah. Kemampuan argumentasi ilmiah dapat dilatih sejak dini yakni di bangku sekolah melalui media pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dapat membantu siswa memahami materi di manapun dan kapanpun secara mandiri.
Peneliti menghadirkan inovasi media pembelajaran aplikasi berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan media aplikasi berbasis android “Plant Tissue App” untuk melatih keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMA pada mata pelajaran Jaringan Tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dikembangkan berupa aplikasi android dengan mememuat elemen argumentasi ilmiah yaitu data, kalim, pendukung, dan penolakan.
Media pembelajaran berbasis aplikasi android “Plant Tissue App” yang dikembangkan, diuji kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, tanggapan guru Biologi, dan dilakukan uji lapangan untuk mendapatkan tanggapan siswa. Berdasarkan hasil uji validasi, diperoleh kelayakan sebesar 74% (Layak) dari ahli materi, 98% (Sangat Layak) dari ahli media, 84% (sangat Layak) oleh guru Biologi, dan hasil dari uji skala kecil sebesar 86% (Sangat Layak). Berdasarkan tanggapan hasil tersebut, media pembelajaran Biologi berbasis aplikasi android “Plant Tissue App” untuk melatih keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMA pada mata pelajaran Jaringan Tumbuhan dikaterogikan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Argumentasi ilmiah; Media pembelajaran; Android; Biologi; Plant Tissue-App; Siswa; SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 02 Dec 2022 09:41
Last Modified: 02 Dec 2022 09:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18154

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics