Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap self-confidence dan keterampilan literasi informasi dalam pembelajaran biologi

Azizah, Silvia Nur (2022) Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap self-confidence dan keterampilan literasi informasi dalam pembelajaran biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808086007_Silvia_Nur_Azizah] Text (Skripsi_1808086007_Silvia_Nur_Azizah)
Skripsi_1808086007_Silvia_Nur_Azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan di abad 21 menuntut siswa untuk memiliki berbagai keterampilan, salah satunya keterampilan literasi informasi. Selain itu, siswa juga harus memiliki self-confidence yang baik sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif, kreatif dan mandiri dalam menjalankan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang relevan dan dianggap efektif dalam permasalahan ini ini adalah Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui apakah ada beda self-confidence siswa pada penerapan model pembelajaran Flipped Classroom (2) mengetahui apakah ada beda keterampilan literasi informasi siswa pada penerapan model pembelajaran Flipped Classroom. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pretest - posttest self-confidence dan keterampilan literasi informasi, lembar observasi siswa dan guru, wawancara dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan Anacova. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan self-confidence pada penerapan model pembelajaran Flipped Classroom yang dilihat dari nilai signifikansinya yaitu sebesar 0.000. Nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dengan demikian Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped classroom berpengaruh terhadap self-confidence pada siswa. (2) terdapat perbedaan self-confidence pada penerapan model pembelajaran Flipped Classroom yang dilihat dari nilai signifikansinya yaitu sebesar 0.000. Nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dengan demikian Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped classroom berpengaruh terhadap self-confidence pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom; Self-confidence; Literasi informasi; Pembelajaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 02 Dec 2022 09:44
Last Modified: 02 Dec 2022 09:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18156

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics