Hubungan spiritual well-being dengan academic burnout pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Walisongo Semarang

Ariyani, Sofi (2022) Hubungan spiritual well-being dengan academic burnout pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046046_Sofi_Ariyani] Text (Skripsi_1804046046_Sofi_Ariyani)
Skripsi_1804046046_Sofi_Ariyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Hubungan Spiritual Well-Being dengan Academic Burnout pada Mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Walisongo Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara spiritual well-being dengan academic burnout pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi di UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena academic burnout yang banyak dialami oleh mahasiswa dalam lingkungan akademik. Penelitian ini mencoba mencari hubungan mengenai permasalahan dalam lingkungan akademik tersebut dengan aspek spiritual yang dilihat berdasarkan tingkat kesejahteraan spiritual yang dimiliki oleh mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Walisongo Semarang yang berjumlah 100 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur spiritual well-being menggunakan adopsi Spiritual Well-Being Questionaire (SWBQ) dan untuk mengukur academic burnout menggunakan adopsi Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment yang dibantu program SPSS 25.0 for windows.
Hasil uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment menunjukkan nilai korelasi sebesar -0,541 dan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa ada hubungan yang negatif antara spiritual well-being dengan academic burnout pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Walisongo Semarang. Artinya, semakin tinggi spiritual well-being yang dimiliki mahasiswa, maka semakin rendah kecenderungan untuk mengalami academic burnout. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Spiritual Well-being; Academic Burnout; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 03 Dec 2022 01:54
Last Modified: 03 Dec 2022 01:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18167

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics