Metaanalisis : pengaruh model pembelajaran terhadap literasi sains siswa pada materi biologi

Harissuddin, Muhammad (2022) Metaanalisis : pengaruh model pembelajaran terhadap literasi sains siswa pada materi biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808086031_Muhammad_Harissuddin] Text (Skripsi_1808086031_Muhammad_Harissuddin)
Skripsi_1808086031_Muhammad_Harissuddin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Literasi sains menjadi salah satu keterampilan yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran abad 21. Penelitian yang sudah ada menunjukkan bahwa literasi sains siswa di Indonesia masih rendah. Salah satu cara memberdayakan literasi sains siswa adalah penggunaan model pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penelitian model pembelajaran yang dapat memberdayakan literasi sains siswa telah banyak dilakukan sehingga perlu dilakukan metaanalisis untuk meringkas beberapa penelitian dan mendapatkan kesimpulan secara general. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif sehingga didapatkan kesimpulan secara general model pembelajaran yang dapat memberdayakan literasi sains siswa berdasarkan effect size ditinjau dari jenjang pendidikan, jenis model pembelajaran, dan materi pembelajaran. Kesimpulan penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga poin. Pertama, berdasarkan jenjang pendidikan SMP, model pembelajaran dengan effect size tertinggi terhadap literasi sains adalah webbed dengan nilai 5,98 dengan kategori pengaruh sangat tinggi dan untuk jenjang pendidikan SMA model pembelajaran discovery learning memiliki nilai tertinggi sebesar 1,00 dengan kategori efek tinggi. Kedua, berdasarkan jenis model pembelajaran, model pembelajaran yang dinilai dapat memberdayakan literasi sains siswa dengan pengaruh sangat tinggi yaitu webbed dengan nilai effect size 5,98. Ketiga, berdasarkan materi pembelajaran, model webbed diketahui dapat memberdayakan literasi sains siswa pada materi indra peraba SMP dengan pengaruh sangat tinggi. Sementara itu, model discovery learning pengaruh terhadap literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan kategori efek tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi sains; Meta analisis; Model pembelajaran; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 03 Dec 2022 01:49
Last Modified: 03 Dec 2022 01:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18170

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics