Transferensi murid pada mursyid : studi fenomenologi pada tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah di Pondok Pesantren Girikesumo Mranggen Demak

Suripto, Suripto (2022) Transferensi murid pada mursyid : studi fenomenologi pada tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah di Pondok Pesantren Girikesumo Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046053_Suripto_Hipnoanalis] Text (Skripsi_1804046053_Suripto_Hipnoanalis)
Skripsi_1804046053_Suripto_Hipnoanalis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Transferensi selalu muncul dalam setiap hubungan. Begitu juga dalam hubungan yang terjalin antara pasien dengan dokter, analisan dengan analis, dan murid dengan mursyid. Dalam pendidikan spiritual, ada banyak peran psikologis yang dimainkan salah satunya adalah transferensi. Transferensi dapat berdampak positif maupun negatif. Penelitian tentang transferensi antara murid dengan mursyid sangat jarang ditemukan. Padahal, transferensi sebagai reaksi psikologis dalam hubungan yang intens memainkan peran yang signifikan dalam pembentukan kepribadian. Selain itu, hubungan merupakan instrumen utama dalam psikoterapi dan dalam pendidikan spiritual. Hubungan merupakan penentu utama dimana murid akan mendapatkan pencerahan. Penelitian ini mengisi kekurangan itu dengan mengeksplorasi psikologis murid dalam menjalin hubungan dengan mursyid.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Dimana peneliti memfokuskan diri pada pengalaman mental murid dalam menjalin hubungan dengan mursyid. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami bagaimana transferensi yang terjadi dalam hubungan murid dengan mursyid serta untuk mengetahui efek dari transferensi bagi Murid. Sumber data yang diperoleh meliputi data primer dan data sekunder. Dara primer didapatkan dari subjek penelitian melalui wawancara dan data sekunder di peroleh dari jurnal, buku, makalah, dan artikel. Subjek dalam penelitian ini ada lima orang murid tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah di Girikesumo desa Banyumeneng kecamatan Mranggen kabupaten Demak. Wawancara dijalankan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur. Transkrip wawancara kemudian dianalisis dengan pendekatan Descriptive Phenomenological Analysis.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada dua jenis hubungan antara murid dengan mursyid yaitu hubungan secara dzahir dan hubungan secara batin. Transferensi muncul secara perlahan pada murid melalui pertemuan-pertemuan pada aktivitas ketarekatan. Transferensi yang muncul adalah bentuk transferensi positif dimana mursyid digambarkan sebagai sosok orang tua yang bijaksana dan penuh kasih sayang. Transferensi positif yang dimanfaatkan dengan baik memberikan efek positif kepada murid. Ada lima efek transferensi bagi murid dalam hubungannya dengan mursyid yaitu: (1) Penyelesaian masalah, (2) ketenangan batin, (3) pendewasaan psikologis, (4) kontrol diri dan kontrol emosi yang baik, dan (5) tumbuhnya sikap qona’ah. Lewat penelitian ini, subjek penelitian menyampaikan pengalaman pribadi mengenai transferensi dalam hubungannya dengan mursyid. Temuan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian mengenai integrasi dinamis tasawuf dan psikoterapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Transferensi; Murid; Mursyid; Fenomenologi; Tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.48 Sufi orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 03 Dec 2022 02:29
Last Modified: 03 Dec 2022 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18186

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics