Pengaruh kesadaran halal gaya hidup halal dan islamic branding terhadap keputusan pembelian di Shopee: studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Angkatan 2018-2020

Ma'ruf, Ahsan (2022) Pengaruh kesadaran halal gaya hidup halal dan islamic branding terhadap keputusan pembelian di Shopee: studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Angkatan 2018-2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Ahsan_Ma'ruf_1805026138_Skripsi_Lengkap] Text (Ahsan_Ma'ruf_1805026138_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1805026138_Ahsan_ Ma'ruf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Transaksi perdagangan melalui digital (e-commerce) meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi. Hal tersebut menjadi solusi alternatif penggerak ekonomi kreatif di Indonesia. Sebagai seorang muslim, mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang seharusnya mempertimbangkan nilai-nilai religiusitas (ke-Islaman) dalam melakukan transaksi ekonomi (keputusan pembelian). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal, gaya hidup halal, dan Islamic branding terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang Angkatan 2018-2020 di Shopee.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2018-2020. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non propably-purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan kriteria tertentu. Adapun sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua: data primer yang didapatkan dari kuisioner yang dibagikan kepada responden melalui google form, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, maupun internet yang kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel kesadaran halal, gaya hidup halal, dan Islamic branding secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil ini dapat dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 183,107 > F tabel 2,70 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangankan uji t, variabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dibuktikan pada nilai uji t hitung pada variabel kesadaran halal sebesar 2,506 > t tabel 1,664 dengan nilai signifikansi 0,014 < 0,05. Variabel gaya hidup halal memiliki nilai t hitung 6,460 > 1,664 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel Islamic branding berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung 1,340 < 1,664 dengan nilai signifikansi 0,183 > 0,05.

ABSTRACT:
Digital trade transactions (e-commerce) are increasing along with the rapid development of technology in the era of globalization. This is an alternative solution to drive the creative economy in Indonesia. As a Muslim, FEBI UIN Walisongo Semarang students should consider the values of religiosity (Islamicity) in conducting economic transactions (purchase decisions). Therefore, this study aims to determine the influence of halal awareness, halal lifestyle, and Islamic branding on the purchasing decisions of FEBI UIN Walisongo Semarang students class of 2018-2020 at Shopee.
This research is a field research using a quantitative approach. The population in this study were active students of FEBI UIN Walisongo Semarang class of 2018-2020. The sample determination method used in this study was non-propably-purposive sampling with a total sample of 100 people with certain criteria. The data sources in this study consist of two: primary data obtained from questionnaires shared with respondents via google forms, and secondary data obtained from books, journals, and the internet which are then analyzed using multiple linear regression.
The results of this study show that the variables of halal awareness, halal lifestyle, and Islamic branding simultaneously affect purchasing decisions. This result can be proven from the calculated F value of 183.107 > F table 2.70 with a significance value of 0.000 < 0.05. While the t test, variables X1 and X2 have a positive and significant effect on purchasing decisions. This is evidenced in the calculated t test value on the halal awareness variable of 2.506 > t table 1.664 with a significance value of 0.014 < 0.05. The halal lifestyle variable has a calculated t value of 6.460 > 1.664 with a significance value of 0.000 < 0.05. Meanwhile, the Islamic branding variable has an insignificant positive effect on purchasing decisions. This can be seen from the calculated t value of 1.340 < 1.664 with a significance value of 0.183 > 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesadaran halal; Gaya hidup halal; Islamic branding; Keputusan pembelian Keywords: Halal awareness; Halal lifestyle; Islamic branding; Purchasing decisions
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:29
Last Modified: 05 Dec 2022 04:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18210

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics