Strategi humas dalam membangun citra sekolah di SMA Negeri 1 Gringsing Kabupaten Batang

Ma’rif, Happy Ainun (2021) Strategi humas dalam membangun citra sekolah di SMA Negeri 1 Gringsing Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036052_HAPPY_AINUN_MA'RIF] Text (SKRIPSI_1703036052_HAPPY_AINUN_MA'RIF)
1703036052_Happy Ainun Ma_rif_SKRIPSI - Hapy Marif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis terhadap tingkat minat masyarakat untuk mendaftar di SMA Negeri 1 Gringsing mengalami naik turun dari tahun 2009 sampai 2017. Akhirnya pada tahun 2017 sampai 2021 minat masyarakat untuk mendaftar di sekolah tersebut mengalami kenaikan setiap tahunnya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bermaksud untuk mengungkap tentang (1) strategi humas dalam membangun citra sekolah, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam membangun citra, (3) dampak dari peningkatan citra yang dilakukan oleh waka humas SMA Negeri 1 Gringsing. Dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi humas dalam membangun citra sekolah yaitu melalui dua langkah, (a) strategi internal guna memperkuat sekolah yaitu Peningkatan professionalitas guru serta staff sekolah dan Menambah dan memperbaiki sarana dan prasarana yang ada disekolah, (b) strategi eksternal guna untuk menunjukkan sekolah kepada masyarakat yaitu melibatkan masyarakat pada kegiatan yang diadakan sekolah, anjangsana orang sakit atau terjadi bencana di sekitar sekolah, memberikan laporan kepada wali atau orangtua murid terkait perkembangan atau masalah terkait peserta didik, mengadakan kerjasama dengan instansi lain, penyebaran brosur serta pemasangan banner promosi sekolah, melakukan publikasi pada setiap kegiatan atau informasi mengenai sekolah melalui media sosial, open house, parenting education, pameran sekolah yang diadakan setiap bulan juli pada hari minggu atau bertepatan dengan hari ulang tahun sekolah, kegiatan ekstrakulikuler disekolah. (2) faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan strategi humas dalam membangun citra sekolah: faktor pendukungnya yaitu: (a) Sikap keterbukaan masyarakat sehingga memudahkan humas sekolah dalam penentuan strategi yang sesuai dalam membangun citra sekolah; (b) Sikap pro aktif humas atau adanya tindakan tanggap dari humas terkait kejadian yang ada di sekitar sekolah; (c) Keikutsertaan dari guru dan staff sekolah dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan;, faktor penghambatnya yaitu terdapat miskomunikasi antara masyarakat terhadap sekolah. (3) dampak dari peningkatan citra: (a) Peningkatan pendaftaran calon peserta didik baru, (b) Meningkatnya kepercayaan instansi kepada sekolah, (c) Meningkatnya prestasi siswa di sekolah, (d) Pengakuan masyarakat terkait keberadaan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: cita sekolah; strategi humas; profesionalitas guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Nov 2022 03:20
Last Modified: 26 Nov 2022 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18220

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics