Strategi manajemen pemasaran dalam penerimaan peserta didik di SMP Al-huda Semarang

Mustaghfirin, Ahmad (2021) Strategi manajemen pemasaran dalam penerimaan peserta didik di SMP Al-huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036058_AHMAD_MUSTAGHFIRIN] Text (SKRIPSI_1703036058_AHMAD_MUSTAGHFIRIN)
1703036058_Ahmad Mustaghfirin_Full skripsi - Ahmad Mustaghfirin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi persaingan dalam dunia pendidikan bukan hal yang baru lagi. Banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan oleh pelanggannya karena kalah bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Lembaga pendidikan yang dimaksud ialah sekolah. Sekolah dituntut mampu mempertahankan eksistensinya. karena seberapapun bagusnya sekolah jika tidak dipromosikan secara maksimal membuat minimnya minat jumlah siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, implementasi dan evaluasi strategi pemasaran yang ada di SMP Al-Huda. Penelitian ini menggunakkan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, dan wali murid
Hasil dalam penelitian ini yaitu : 1) Dalam penyusunan perencanaan strategi pemasaran sekolah SMP Al-Huda mengadakan rapat guna membahas strategi pemasaran yang akan dilakukan. Dari rapat tersebut menghasilkan diantaranya : Pembentukan Tim PPDB, waktu, dan media yang digunakkan dalam pemasaran. 2) implementasi merupakan program wujud realisasi dalam program yang akan dikerjakan. SMP Al-Huda mengadakan marketing mix di dalam melaksanakan strategi pemasaran. 3) Evaluasi yaitu untuk mengetahui kekurangan serta kendala yang dialami ketika pelaksanaan di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Strategi Pemasaran sekolah; Penerimaan peserta didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Nov 2022 04:03
Last Modified: 26 Nov 2022 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18225

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics