Body image remaja putri yang melakukan mahasabah: studi di Desa Madyocondro Secang Magelang

Sharifah, Rana Zayyana (2022) Body image remaja putri yang melakukan mahasabah: studi di Desa Madyocondro Secang Magelang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1804046098_Rana_Zayyan_Sharifah] Text (Skripsi_Lengkap_1804046098_Rana_Zayyan_Sharifah)
Skripsi_1804046098_Rana_Zayyan_Sharifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kelangsungan hidup remaja merupakan titik di mana seseorang sedang dalam mencapai kepuasan serta mengalami perupahan-perubahan pada diri remaja, diantaranya pencapaian pada aspek biologis, psikologis, dan sosial ekonominya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui body image remaja putri yang melakukan muhasabah. Subjek penelitiannya ada tiga remaja putri dengan body image yang negatif dan kemudian melakukan muhasabah di Desa Madyocondro Secang Magelang. Jenis penelitian ini, yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya didapatkan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dan disajikan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa muhasabah cukup mampu digunakan dalammengatai body image remaja putri. Keberhasilan muhasabah ini tercermin pada hasil penerimaan diri seseorang terhadap tubuhnya dan mampu menghilangkan perasaan negatif pada dirinya. Dari ketiga subjek penelitian memiliki penilaian terhadap tubuh dengan kriteria negatif yang berbeda dan sangat mudah bagi remaja putri terpengaruh body image meliputi individu, orang tua, sosial media, teman sepergaulan, dan budaya. Remaja putri melakukan muhasabah sebelum dan sesudah melaksanakan perbuatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Body Image; Muhasabah; Remaja Putri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 05 Dec 2022 10:25
Last Modified: 05 Dec 2022 10:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18233

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics