Pengembangan petunjuk praktikum berbasis problem based learning terintegrasi unity of sciences pada materi asam basa

Awaliyah, Rizki (2022) Pengembangan petunjuk praktikum berbasis problem based learning terintegrasi unity of sciences pada materi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076024_Rizki_Awaliyah] Text (Skripsi_1808076024_Rizki_Awaliyah)
Skripsi_1808076024_Rizki_Awaliyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan petunjuk praktikum berbasis PBL terintegrasi UoS pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dari Thiagarajan et al. (1974) yang terdiri dari tahap define, design, dan develop. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMAN 15 Semarang. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, angket kebutuhan peserta didik, angket uji validasi ahli materi, angket uji validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Karakteristik produk hasil pengembangan berupa petunjuk praktikum sesuai sintak PBL yang diawali dengan orientasi masalah dan diakhiri dengan refleksi. Petunjuk praktikum juga dilengkapi dengan muatan UoS materi asam basa pada setiap akhir praktikum. Hasil uji validasi petunjuk praktikum oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa petunjuk praktikum berada pada kategori sangat layak dan cukup layak dengan nilai validitas berturut-turut sebesar 0,91 dan 0,73. Hasil respon peserta didik pada tahap uji coba terbatas menyatakan bahwa petunjuk praktikum termasuk dalam kategori baik dengan persentase keidealan sebesar 82,59%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Petunjuk praktikum; Problem Based Learning; Unity of Sciences; Asam basa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:06
Last Modified: 07 Dec 2022 08:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18266

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics