Pengembangan media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline

Qonita, Nurul Atsna (2022) Pengembangan media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076027_Nurul_Atsna_Qonita] Text (Skripsi_1808076027_Nurul_Atsna_Qonita)
Skripsi_1808076027_Nurul_Atsna_Qonita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran dengan media konvensional menyebabkan siswa cenderung bosan dan menjadi penyebab kurangnya minat, motivasi, dan berpikir kritis. Era digital menuntut calon guru untuk berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbantuan articulate storyline berbasis green chemistry pada materi minyak bumi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang dibatasi sampai tahap develop. Kajian penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline. Hasil validasi produk dilakukan oleh para ahli dengan menggunakan analisis data Aiken’s V. Hasil validitas memperoleh nilai sebesar 0,82 dengan kategori sangat tinggi. Adapun hasil uji coba skala kecil mendapatkan respon yang baik dari siswa dengan persentase rata-rata 71%. Berdasarkan hasil penilaian dan respon tersebut media pembelajaran layak digunakan sebagai media belajar mandiri dan bisa dilanjutkan penelitian ke tahap disseminate (implementasi skala besar).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Kimia; Articulate storyline; Green chemistry; Minyak bumi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 07 Dec 2022 09:32
Last Modified: 07 Dec 2022 09:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18269

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics