Strategi pemberdayaan ekonomi mustahik melalui zakat produktif pada program Rembang Makmur : studi kasus mustahik Rembang Makmur Kecamatan Sluke

Fadilah, Sinta (2022) Strategi pemberdayaan ekonomi mustahik melalui zakat produktif pada program Rembang Makmur : studi kasus mustahik Rembang Makmur Kecamatan Sluke. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026092_Sinta_Fadilah] Text (Skripsi_1805026092_Sinta_Fadilah)
Skripsi_1805026092_Sinta_Fadilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan oleh umat islam. Pengelolaan zakat yang baik dapat mengentaskan kemiskinan dari lingkungan masyarakat. Zakat yang dikelola secara produktif terbukti memilki dampak positif bagi masyarakat miskin, mereka yang mendapatkan anggaran dari zakat produktif, bisa memanfaatkan anggaran tersebut secara produtif. Penelitian ini memilki tujuan untuk mengetahui strategi BAZNAS Rembang dalam melakukan pemberdayaan ekonomi mustahik melalui zakat produktif pada program rembang makmur pada mustahik di kecamatan sluke, serta mengetahui dampak dari zakat produktif dalam program rembang makmur . Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah staff BAZNAS Rembang dan Mustahik penerima bantuan Rembang makmur. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan obervasi. Data dianalisis menggunakan analisis reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini Strategi Pemberdayaan ekonomi mustahik yang dilakukan oleh BAZNAS Rembang yaitu dengan cara memberikan modal usaha, mengadakan pelatihan berwirausaha, dan melakukan sosialisasi tentang pengumpulan ZIS (Zakat, Infak, dan Sedekah) disetiap UPZ yang telah dibentuk oleh BAZNAS Rembang. Pemberdayaan melalui zakat produktif pada program rembang makmur tersebut walaupun masih kurang optimal cukup memberikan dampak Positif kepada mustahik yaitu dengan adanya peningkatan pendapatan, serta berkembangnya usaha para mustahik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Mustahik; Zakat produktif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Dec 2022 09:54
Last Modified: 07 Dec 2022 09:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18281

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics