Pengaruh kemudahan, kepercayaan dan Islamic religiosity terhadap keputusan menggunakan shopee paylater (studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang)

Khoirun, Khoirun (2022) Pengaruh kemudahan, kepercayaan dan Islamic religiosity terhadap keputusan menggunakan shopee paylater (studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1805026110_Khoirun] Text (Skripsi_Lengkap_1805026110_Khoirun)
Skripsi_1805026110_Khoirun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Semakin berkembangnya fintech yang didasari oleh kebutuhan manusia pada kehidupan yang praktis dan modern. Kemudian banyak mahasiswa yang suka berbelanja secara online. Saat ini muncul layanan pinjaman berbasis teknologi yang sangat memudahkan konsumen dalam berbelanja. Shopee Paylater merupakan metode pembayaran dengan menggunakan dana pinjaman instan dari perusahaan aplikasi yang terkait dengan mencicil atau bayar lunas saat jatuh tempo pinjaman dan dengan bunga yang kecil. Shopee Paylater dalam hukum Islam yang berdasarkan akad qard dan Fatwa DSN-MUI No:116/DSN-MUI/IX/2017 menjelaskan bahwa pinjaman Shopee Paylater tidak diperbolehkan karena mengandung unsur yang merugikan pengguna. Tapi ada beberapa ulama yang menyatakan bahwa menggunakan Shopee Paylater diperbolehkan dengan beberapa syarat yang di tentukan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemudahan, kepercayaan dan Islamic religiosity terhadap keputusan menggunakan Shopee Paylater. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Responden di ambil dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang dari angkatan 2018-2021 dan diolah dengan menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan Shopee Paylater, kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan Shopee Paylater, Islamic Religiosity berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan Shopee Paylater serta kemudahan, kepercayaan dan Islamic religiosity berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan Shopee Paylater.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keputusan Konsumen; Kemudahan Konsumen; Kepercayaan Konsumen; Islamic Religiosity; Shopee Paylater
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:41
Last Modified: 08 Dec 2022 04:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18283

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics