Analisis etika bisnis Islam dalam persaingan usaha pedagang grosir pakaian di Johar Trade Mall Semarang

Khoirunnisa, Istiqomah (2022) Analisis etika bisnis Islam dalam persaingan usaha pedagang grosir pakaian di Johar Trade Mall Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1805026037_Istiqomah_Khoirunnisa] Text (Skripsi_Lengkap_1805026037_Istiqomah_Khoirunnisa)
Skripsi_1805026037_Istiqomah_Khoirunnisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya beberapa pedagang grosir pakaian di Johar Trade Mall Semarang yang menimbulkan kerugian di sisi lain, kerugian tersebut timbul karena pedagang grosir pakaian mengabaikan etika bisnis Islam. Etika bisnis Islam menjadi pedoman bagi para pengusaha dan pedagang muslim dalam melakukan aktivitas bisnisnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data berdasarkan fakta dunia nyata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis Islam dalam persaingan usaha pedagang grosir pakaian di Johar Trade Mall Semarang meliputi lima prinsip yaitu ketauhidan (unity), keseimbangan (equilibrium), kehendak bebas (free will), tanggung jawab (responsibility), dan kebenaran (benelovence). Lima prinsip etika bisnis Islam berdasarkan persaingan usaha di Johar Trade Mall Semarang belum maksimal dalam menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Dampak dari ketidak pahaman pedagang grosir pakaian terhadap etika bisnis Islam berdampak negatif bagi pembeli, karena pembeli merasa dirugikan atas tindakan pedagang grosir pakaian yang menyimpang dari etika bisnis Islam. Kemudian persaingan usaha pedagang grosir pakaian yang terjadi di Johar Trade Mall Semarang meliputi lima aspek yaitu persaingan produk, persaingan harga, persaingan pelayanan, persaingan layanan purna jual, dan persaingan tempat. Beberapa pedagang grosir pakaian melakukan persaingan usaha tidak begitu ketat tetapi bertentangan dengan etika bisnis Islam, yaitu persaingan harga yang berlaku antar pedagang grosir pakaian harus seimbang sesuai dengan standar harga pasar yang dapat merugikan pihak pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam; Persaingan Usaha; Pedagang
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:56
Last Modified: 09 Dec 2022 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18285

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics