Analisis komparatif efisiensi asuransi jiwa syariah di Indonesia dan Malaysia dengan metode data envelopment analysis pada periode 2018-2021

Sulistiani, Riska (2022) Analisis komparatif efisiensi asuransi jiwa syariah di Indonesia dan Malaysia dengan metode data envelopment analysis pada periode 2018-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Riska_Sulistiani_1805026121_Skripsi_Lengkap] Text (Riska_Sulistiani_1805026121_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1805026121_Riska_Sulistiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Efisiensi memiliki implikasi penting bagi perusahaan asuransi jiwa syariah untuk mengukur penilaian kinerja perusahaan yang dapat menjaga performa perusahaan.. Efisiensi pada dasarnya, merupakan solusi sederhana yang dapat menghindari semua bentuk pemborosan, dengan mengelola, hubungan antara input dan output, sehingga mencapai dan memberikan hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkomparasikan tingkat efisiensi asuransi jiwa syariah di Indonesia dan Malaysia dengan metode Data Envelopment Analysis pada priode 2018-2021.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) yang berorientasi input dan asumsi Variable Return to Scale (VRS). Populasi dalam penelitian ini adalah semua peruasahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia dan Malaysia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Negara Malaysia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 17 perusahaan yang terdiri 12 perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia dan 5 perusahaan takaful family di Malaysia. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan metode purposive sampling. Kemudian teknik untuk menganalisis efisiensi menggunakan Data Envelopment Analysis versi 8.15, sedangkan untuk mengetahui uji beda menggunakan uji kruskal wallis yang diolah menggunakan program IBM SPSS Statistics versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). Efisiensi asuransi jiwa syariah di Indonesia belum mampu mencapai tingkat efesiensi rata-rata 100%. 2). Efisiensi auransi jiwa syariah di Malaysia belum mampu mencapai tingkat efesiensi rata-rata 100%. 3). Tidak ada perbedaan secara signifikan antara nilai rata-rata efisiensi asuransi jiwa syariah di Indonesia dan Malaysia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komparasi; Efisiensi; Asuransi Jiwa Syariah; Data Envelopment Analysis
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 03 Dec 2022 07:51
Last Modified: 03 Dec 2022 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18290

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics