Strategi pemasaran produk usaha ekonomi pesantren (studi kasus Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang)

Meizullianti, Dian (2022) Strategi pemasaran produk usaha ekonomi pesantren (studi kasus Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1805026049_Dian_Meizullianti] Text (Skripsi_Lengkap_1805026049_Dian_Meizullianti)
Skripsi_1805026049_Dian_Meizullianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu agama sekaligus mengembangkan perekonomiannya secara mandiri. Banyak Unit Usaha yang dibangun untuk tujuan menunjang ekonomi pondok pesantren. Pada proses pelaksanaanya, dibutuhkan sebuah strategi pemasaran agar unit usaha yang telah dibangun dapat semakin berkembang. Namun pada kenyataannya terdapat kendala terkait dengan persaingan dipasar yang cukup ketat. Sehingga perlu adanya perencanaan strategi pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan produk yang dipasarkan oleh Unit Usaha Pesantren Fadhlul Fadhlan. Untuk itu tujuan dari adanya penelitian ini yaitu strategi pemasaran yang digunakan dalam memasarkan produk dan faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi serta observasi. Data dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian menunjukkan bahwa Unit Usaha Pesantren Fadhlul Fadhlan menerapkan strategi pemasaran marketing mix (bauran pemasaran) yang menggunakan variable 4P yaitu product, price, place, dan promotion yang diajdikan acuan dalam meningkatkan penjualan produk usaha Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan. Lalu faktor penghambat dalam meningkatkan penjualan produk Unit Usaha Fadhlul Fadhlan yaitu masalah pada proses pengemasan produk, penetapan harga yang lebih mahal daripada toko-toko lainnya serta lokasi penjualan yang kurang strategis. Sedangkan faktor pendukungnya yang dapat meningkatkan penjualan produk yaitu pengemasan produk yang diperbaiki sehingga meminimalisir kerusakan saat pengiriman, evaluasi terhadap penetapan harga produk dan perencanaan untuk menetapkan lokasi yang strategis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Pesantren; Strategi Pemasaran; Faktor Penghambat dan Pendukung
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:59
Last Modified: 07 Dec 2022 04:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18311

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics