Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan kartu bridge untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Mukhtar, Thoha (2022) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan kartu bridge untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076034_Thoha_Mukhtar] Text (Skripsi_1808076034_Thoha_Mukhtar)
Skripsi_1808076034_Thoha_Mukhtar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pemerintah menerapkan aturan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi covid-19, sehingga hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran kimia di MAN 1 Kota Semarang mengalami penurunan karena model pembelajaran yang diterapkan hanya ceramah. Pembelajaran setelah pandemi perlu dipersiapkan dengan baik salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran STAD berbantuan kartu bridge. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan kartu bridge dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi konsep mol di MAN 1 Kota Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian true-eksperimental dan Pretest-Posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA MAN 1 Kota Semarang. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 81,4 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 92,7. Hasil uji independent sampel t-test didapatkan nilai sebesar 0,044 sehinga Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan kartu bridge efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi konsep mol. Besar peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan skor N-gain, pada kelas kontrol sebesar 0,729 termasuk kriteria tinggi dan kelas eksperimen sebesar 0,884 termasuk kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Media pembelajaran; Kooperatif; STAD; Kartu Bridge; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:43
Last Modified: 09 Dec 2022 08:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18324

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics