Efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Multiple Level Representation (MLR) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom

Nadwah, Daimatul (2022) Efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Multiple Level Representation (MLR) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076036_Daimatul_Nadwah] Text (Skripsi_1808076036_Daimatul_Nadwah)
Skripsi_1808076036_Daimatul_Nadwah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 menuntut pemanfaatan teknologi informasi untuk mencapai tujuan mata pelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan diantaranya yaitu penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis MLR dengan yang menggunakan PPT pada materi struktur atom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dan desain eksperimen nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA/MA yang menggunakan kurikulum 2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 32 siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis MLR dengan kelas kontrol yang menggunakan PPT. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t motivasi belajar didapatkan signifikansi (Sig.) 0,038< 0,05 dan uji t hasil belajar didapatkan signifikansi (Sig.) 0,007< 0,05.

Abstract:
The implementation of the 2013 curriculum requires the use of information technology to achieve subject objectives. The use of information technology in the world of education includes the use of learning media. This study aims to determine the differences in motivation and learning outcomes between classes taught using MLR-based interactive learning media and those taught using PPT on atomic structure material. This research is a quantitative research with quasi-experimental research method and non-equivalent control group design experimental design. The population in this study were all students of class X IPA SMA/MA who used the 2013 curriculum. The samples used in this study were 32 students of class X MIPA 1 as the experimental class and 32 students of class X MIPA 2 as the control class. Sampling was done by purposive sampling technique. There are differences in students' motivation and learning outcomes in the experimental class which is taught using MLR-based interactive learning media with the control class which is taught using PPT. This is evidenced by the results of the t test of learning motivation obtained a significance (Sig.) 0.038 <0.05 and the t-test learning outcomes obtained a significance (Sig.) 0.007 <0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran interaktif; Motivasi belajar; Hasil belajar; Multiple Level Representation (MLR); motivasi belajar; Atom
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:57
Last Modified: 09 Dec 2022 08:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18325

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics