Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terintegrasi etnosains pada materi reaksi redoks terhadap hasil belajar peserta didik

Mamluaturrahmatika, Annisa (2022) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terintegrasi etnosains pada materi reaksi redoks terhadap hasil belajar peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076068_Annisa_Mamluaturrahmatika] Text (Skripsi_1808076068_Annisa_Mamluaturrahmatika)
Skripsi_1808076068_Annisa_Mamluaturrahmatika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan harus mampu mengembangkan sumber daya manusia sebagai generasi emas yang dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Proses pembalajaran berpengaruh pada tingkat pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran inovatif, kontekstual, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terintegrasi etnosains pada materi reaksi redoks terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan metode nonequivalent control group design, dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes (hasil belajar), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan PBL terintegrasi etnosains dalam proses pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan data hasil uji N-Gain diperoleh rata-rata N- Gain hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,20 dengan kategori rendah. Berdasarkan uji Mann-Whitney didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan secara statistika mengenai hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan uji regresi linear sederhana diperoleh bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,640 dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terintegrasi etnosains terhadap hasil belajar peserta didik pada materi reaksi redoks yaitu sebesar 64%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Hasil belajar; Etnosains; Kearifan lokal; Reaksi redoks
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:02
Last Modified: 09 Dec 2022 09:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18327

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics