Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan chemcard terhadap minat dan hasil belajar peserta didik

Masruroh, Alfina (2022) Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan chemcard terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076048_Alfina_Masruroh] Text (Skripsi_1808076048_Alfina_Masruroh)
Skripsi_1808076048_Alfina_Masruroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran kimia kelas X di SMAN 13 Semarang masih menerapkan model pembelajaran secara konvensional berupa model Teacher Center Learning (TCL) dengan metode ceramah, dimana nilai rata-rata ulangan harian stoikiometri peserta didik masih dibawah KKM yaitu sebesar 68,15. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan chemcard terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi stoikiometri kelas X MIPA di SMA Negeri 13 Semarang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan nonequivalent control group design. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA-2 dan X MIPA-4, dimana masing-masing kelas berjumlah 35. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, penyebaran angket dan tes serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan chemcard terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui analisis uji-t minat belajar dan hasil belajar dengan taraf signifikansi (2-tailed) secara berturut-turut sebesar 0,000 dan 0,012 < 0,05 serta hasil uji manova dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Adapun nilai rata-rata hasil minat belajar sebesar 51,89 (eksperimen) dan 47,91 (kontrol). Sedangkan nilai hasil belajarnya sebesar 83,00 (eksperimen) dan 75,43 (kontrol).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Teams Games Tournament (TGT); Minat Belajar; Hasil Belajar; Media pembelajaran; Chemcard
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:09
Last Modified: 09 Dec 2022 09:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18328

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics