Pengembangan media video pembelajaran materi larutan elektrolit & non elektrolit berbasis green chemistry untuk meningkatkan minat belajar siswa

Auliya, Ismi Yaomil (2022) Pengembangan media video pembelajaran materi larutan elektrolit & non elektrolit berbasis green chemistry untuk meningkatkan minat belajar siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076067_Ismi_Yaomil_Auliya] Text (Skripsi_1808076067_Ismi_Yaomil_Auliya)
Skripsi_1808076067_Ismi_Yaomil_Auliya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Permasalahan yang melatarbelakangi pengembangan media video berbasis green chemistry adalah kurangnya inovasi dan kreativitas dalam penggunaan media sehingga kurang menarik dan minat belajar siswa menjadi rendah, serta tidak terlaksananya kegiatan praktikum secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan, respons, dan peningkatan minat belajar siswa pada media video pembelajaran materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis green chemistry. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D Yang dimodifikasi menjadi 3-D. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah: lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respons siswa, dan angket minat belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus Aiken’s pada validasi ahli materi dan media, nilai kategori respons siswa, dan nilai standar gain untuk peningkatan minat belajar siswa. Hasil penelitian ini dihasilkan media video pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis green chemistry untuk peningkatan minat belajar siswa layak digunakan dengan hasil rata-rata oleh ahli materi 0,87 dengan kategori valid, dan ahli media 0,86 kategori valid, hasil respons siswa memperoleh persentase keidealan sebesar 80,83% dengan kategori baik, dan peningkatan minat belajar siswa memperoleh nilai standar gain sebesar 0,47 dengan kategori sedang.

ABSTRACT:
Learning media is one of the components of learning that has an important role in teaching and learning activities. The problem behind the development of green chemistry-based video media is the lack of innovation and creativity in the use of media so that it is less attractive and students' interest in learning is low, and practicum activities are not carried out optimally. The purpose of this study is to determine the feasibility, response, and increase student interest in learning video media for electrolyte and non-electrolyte solution materials based on green chemistry. This research is a development research with a modified 4-D model into 3-D. Instruments used in this study are: validation sheets of material experts and media experts, student response questionnaires, and student learning interest questionnaires. The data analysis technique uses Aiken's formula on expert validation of materials and media, student response category scores, and gain standard values for increasing student learning interest. The results of this study produced learning video media on electrolyte and non-electrolyte solution materials based on green chemistry to increase student interest in learning worthy of use with average results by material experts 0.87 with valid categories, and media experts 0.86 valid categories, student response results obtained an ideal percentage of 80.83% with good categories, and increased student interest in learning obtained a standard gain value of 0.47 with a moderate category.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Green chemistry; Minat belajar; Video pembelajaran; Larutan; Elektrolit; Non elektrolit
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:14
Last Modified: 09 Dec 2022 09:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18329

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics