Life style mahasiswa Thailand di UIN Walisongo Semarang : analisis nilai-nilai dakwah

Patikaloba, Eni (2021) Life style mahasiswa Thailand di UIN Walisongo Semarang : analisis nilai-nilai dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501016137_ENI PATIKALOBA_SKRIPSI_LENGKAP] Text (1501016137_ENI PATIKALOBA_SKRIPSI_LENGKAP)
1501016137 Eni Patikaloba Tugas Akhir - Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Eni Patikaloba (1501016137) “Life Style Mahasiswa Thailand di UIN Walisongo Semarang (Analisis Nilai-Nilai Dakwah)”
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan dari gaya hidup yang ditampilkan oleh mahasiswa Thailand yang selalu memperlihatkan gaya hidup yang baik dan sederhana. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Bentuk-Bentuk Life Style Mahasiswa Thailand di UIN Walisongo Semarang. (2) Bagaimana Analisis Nilai-Nilai Nakwah Terhadap Bentuk-Bentuk Life Style Mahasiswa Thailand di UIN Walisongo Semarang. Tujuan dari penelitian ini adala untuk mengetahui apa saja bentuk-bentu life style yang dimiliki mahasiswa Thailand.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian field research atau penelitian lapangan yaitu jenis penelitian kualitatif yang di lakukan secara langsun oleh peneliti di tempat atau lokasi di lapangan. Sumber data sekunder adalah hasil wawancara dengan pertama, mahasiswa Thailand yaitu ketua organisasi mahasiswa Thailan Mr. Irfan, Mr. Zakariya, Mr. Abdulloh, Mr. Mangso, Miss. Chefatimah, Miss Sawanee, Miss Saaidah, Miss Nuresan, Miss Zainab. Kedua, dengan teman-teman dari mahasiswa Thailand yaitu mabak Salsa dan mbak Muntafiah. Data sekunder adalah, buku-buku, skripsi, jurnal, arsip-arsip atau dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan obserfasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa, bentuk-bentuk gaya hidup yang dimiliki mahasiswa Thailand antara lain kerja keras, kompetisi, suka treveling, kesulitan beradap tasi dengan lingkungan yang baru, hidup bersih. Pertama, kerja keras dan kemandirian yang dimiliki mahasiswa Thailand tidak membuat mereka sombong, melainkan membuat mereka memiliki sikap yang baik dan gaya hidup yang sederhana. Kedua, berkompetensi dan selalu berupaya untuk hidup lebih baik dan berusah untuk selalu melakukan hal-hal yang baik, serta menghindari hal-hal yang kurang baik membuat mahasiswa Thailand lebih dekat dengan sang pencipta. Ketiga, suka liburan atau treveling dapat menghilangkan stress dan rasa capek yang di rasakan oleh mahasiswa Thailand. Keempat, kesulitan dalam beradaptasi yang di alami mahasiswa Thailand membuat mereka lambat dalam mendekatkan diri dengan lingkungan sekitar, akan tetapi mereka selalu berusaha untuk membangun hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar di tempat mereka tinggal. Kelima, kebersihan yang selalu di jaga oleh mehasiswa Thailand baik kebersihan diri sendir maupun kebersihan tempat yang di tempati bersama membuat kehidupan dalam keseharian mereka terasa lebih nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Mahasiswa Thailand; Life Style
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Dec 2022 03:02
Last Modified: 10 Dec 2022 04:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18339

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics