Problematika orang tua dalam pendampingan belajar anak difabel selama pandemi covid-19 di SMALB ABC Ykab Pulisen Boyolali (analisis bimbingan dan konseling keluarga Islam)

Jamilullail, Alwiyah (2021) Problematika orang tua dalam pendampingan belajar anak difabel selama pandemi covid-19 di SMALB ABC Ykab Pulisen Boyolali (analisis bimbingan dan konseling keluarga Islam). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601016003_ALWIYAH JAMILULLAIL_SKRIPSI LENGKAP] Text (1601016003_ALWIYAH JAMILULLAIL_SKRIPSI LENGKAP)
1601016003_Alwiyah Jamilullail_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Problematika Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Difabel Selama Pandemi Covid-19 di SMALB ABC YKAB Pulisen Boyolali (Analisis Bimbingan dan Konseling Keluarga Islam)”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan orang tua yang saat ini diwajibkan untuk mendampingi belajar anak-anaknya. Karena dimasa pandemi covid-19 ini pemerintah telah menetapkan untuk belajar mengajar secara online.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan perilaku orang-orang yang diamati. Penelitian ini bertujuan untuk memahami gejala sosial dengan lebih objektif. Penelitian kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang fenomena sehingga akan diperoleh teori. Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata,
Hasil penelitian ini bahwa Berbagai problematika yang muncul, setelah peneliti melakukan penelitian terhadap pendampingan belajar anak difabel di SMALB ABC YKAB Pulisen Boyolali di masa pandemi Covid-19, diantaranya adalah faktor kesibukan orang tua, kesulitan ekonomi, rendahnya pendidikan orang tua, dan kejenuhan anak dalam belajar. Analisis terhadap problematika pendampingan orang tua dalam belajar anak menggunakan landasan teori fungsi konseling keluarga Islam yakni fungsi keagamaan. Hal ini merupakan pondasi awal yang sangat penting untuk anak agar anak memiliki ketenangan jiwa, ketenangan batin ketika menghadapi berbagai macam permasalahan. Ketika orang tua memiliki pondasi agama yang kuat maka problematika yang muncul ketika pendampingan belajar anak di masa Covid-19 dapat terhindarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling; Orang Tua; Dakwah; Siswa Difabel; Pandemi 19; Problematika Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Dec 2022 03:18
Last Modified: 10 Dec 2022 04:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18341

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics