Bimbingan agama Islam untuk meningkatan etos kerja Islami di Percetakan Menara Kudus

Habiburrohman, M. (2021) Bimbingan agama Islam untuk meningkatan etos kerja Islami di Percetakan Menara Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601016042_M. HABIBURROHMAN_SKRIPSI_LENGKAP] Text (1601016042_M. HABIBURROHMAN_SKRIPSI_LENGKAP)
M. Habiburrohman_1601016042_SKRIPSI_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

M. Habiburrohman (1601016042). Bimbingan Agama Islam untuk Meningkatkan Etos Kerja Islami di Percetakan Menara Kudus. Karyawan merupakan sebutan bagi orang yang bekerja pada suatu instansi perusahaan. Dan menurut pengertian karyawan adalah orang yang bekerja di suatu perusahaan atau lembaga dan gaji dengan uang. Atau karyawan dapat diartikan juga sebagai pekerja pada suatu perusahaan atau lembaga untuk melakukan operasional tempat kerja dengan balas jasa berupa uang. Percetakan Menara Kudus adalah salah satu lembaga pekerjaan yang memberikan bimbingan agama Islam untuk para karyawan yang bekerja disana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi etos kerja Islami dan Untuk mengetahui bagaimana bimbingan agama Islam bagi karyawan di Percetakan Menara Kudus.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data primernya, pembimbing atau ustadz dan karyawan. Data skunder buku, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian, foto, dan lain-lain. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kebsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Adapun teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu: Tahap reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, pelaksanaan bimbingan agama Islam yang telah dilaksanakan didapatkan hasil yang positif, menunjukkan adanya semangat yang tinggi pada setiap partisipan untuk memperoleh ilmu agama, menunjukkan sikap konsisten dalam mempelajari agama demi memperoleh pemahaman yang lebih luas tentang ajaran agama Islam, dan keimanan mereka terhadap Islam semakin kuat sehingga berdampak pada kinerja karyawan menajadi beretos kerja Islami tinggi sesuai dengan ketentuan agama Islam. Usaha ini juga merupakan salah satu bukti bahwa para karyawan memiliki kesungguhan dalam meningkatkan pengetahuan agama mereka. Proses bimbingan agama Islam di Percetakan Menara Kudus tahap awal yaitu sholat dzuhur berjamaah dilanjutkan dzikir dan doa setelah sholat, kemudian sholat dhuha berjamaah dilanjutkan pembacaan hadist shohih riyadlussolihin, kemudian pengajian rutinan dengan rincian acara tahlil Bersama dilanjutkan perkenalan dan penyampaian tausiyah serta diakhiri dengan do’a dan sholawat, dengan materi mengenai iman, hijrah, jihad dan penekanan prinsip-prinsip: kerja adalah ibadah, kerja didasari prinsip keseimbangan, kerja dilandasi dengan ilmu serta kerja dijiawai semangat jihad dan tauhid. Kegiatan tersebut menajadikan kondisi etos kerja Islami karyawan di Percetakan Menara Kudus meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Etos Kerja Islami; Karyawan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Dec 2022 04:12
Last Modified: 10 Dec 2022 04:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18345

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics