Pelaksanaan bimbingan dzikir dalam meningkatkan kebahagiaan lansia di Panti Asuhan dan lansia al-Hikmah Semarang (analisis bimbingan konseling Islam)

Fitriyasari, Etik (2021) Pelaksanaan bimbingan dzikir dalam meningkatkan kebahagiaan lansia di Panti Asuhan dan lansia al-Hikmah Semarang (analisis bimbingan konseling Islam). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601016055_ETIK FITRIYASARI_SKRIPSI_LENGKAP] Text (1601016055_ETIK FITRIYASARI_SKRIPSI_LENGKAP)
Etik Fitriyasari - 1601016055-Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Etik Fitriyasari (1601016055). Pelaksanaan Bimbingan Dzikir dalam Meningkatkan Kebahagiaan LANSIA di Panti Asuhan dan Lansia Al-HIKMAH Semarang (Analisis Bimbingan Konseling Islam).
Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan Bimbingan Dikir dalam meningkatkan kebahagiaan lansia di Panti Asuhan Dan Lansia Al-Hikmah Semarang. Penelitian ini di latar belakangi masalah lansia yang tidak merasakan kebahagiaan di masa hidupnya yang sudah cukup berusia. Tujuan penelitian ini yang pertama adalah yang pertama untuk mengetahui mengenai bimbingan dzkir bagi lansia dalam meningkatkan kebahagiaan di Panti Asuhan Dan Lansia Di Al-Hikmah Semarang, yang kedua menganalisis Bimbingan Konseling Islam terhadap pelaksanaan bimbingan dzikir dalam meningkatkan kebahagiaan lansia di Panti Asuhan Dan Lansia Al-Hikmah Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena ini menghasilakan data deskritif berupa kata-kata tertulis. Pada teknik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu ketua Panti Asuhan Dan Lansia Al-Hikmah Semarang. Adapun sumber data sekunder yaitu buku, jurnal, skripsi, surat kabar dan penelitian lainnya. Motode analisis data menggunakan metode Milles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah pertama pelaksanaan Bimbingan Dzkir dapat meningkatkan Kebahagiaan bagi lansia dan mengetahui faktor yang membuat lansia merasakan kebahagian di masa yang cukup umur saat ini, dalam hal ini peran bimbingan konseling Islam yang merupakan pembimbing bagi lansia agar hidupnya selaras dengan ketentuan yang Allah ajarkan, jadi bimbingan dzikir mampu memberikan kebahagiaan yang bisa ditunjukkan dengan adanya makna manfaat dari berdzikir kepada Allah. Faktor lain yang bisa menjadikan para lansia berbahagia di Panti Asuhan dan lansia Al-Hikmah antara lain mereka bisa berinteraksi dengan teman sebaya atau teman senasib sehingga para lansia merasa bahagia.
Yang kedua menganalisi menunjukan bahwa bimbingan dan konseling islam dalam pelaksanaan bimbinan dzikir dalam meningkatkan kebahagiaan lansia di Panti Asuhan Dan Lansia Al-Hikmah yakni : Bimbingan Konseling Islam berpengaruh terhadap meningkatnya kebahahagiaan bagi seorang lansia melalui bimbingan dzikir meningkatkan kebahagiaan bagi seorang lansia. Dengan metode bimbingan secara langsung sangat berpengaruh terhadap seorang lansia untuk kebahagiaan didunia dan di akhirat kelak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Dzikir; Lansia; Kebahagiaan; Bimbingan Konseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Dec 2022 04:39
Last Modified: 10 Dec 2022 04:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics