Pembentukan sikap dan perilaku toleransi beragama siswa di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1, SDN Kalibanteng Kulon 02, SD Kanisius Kurmosari

Sholikhah, Anik Nafiatus (2022) Pembentukan sikap dan perilaku toleransi beragama siswa di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1, SDN Kalibanteng Kulon 02, SD Kanisius Kurmosari. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1803018003_Anik Nafiatus Sholikhah_Lengkap] Text (Tesis_1803018003_Anik Nafiatus Sholikhah_Lengkap)
1803018003_ANIK NAFIATUS SHOLIKHAH_TUGAS AHIR - Anik Nafiatus Sholikhah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pembentukan sikap dan perilaku toleransi beragama siswa di lembaga sekolah dasar. Toleransi beragama sangat penting diterapkan untuk menjalin kerjasama yang baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Karena membentuk sikap dan perilaku toleransi beragama melalui lembaga pendidikan dipandang sebagai bagian dari misi sosial pendidikan untuk membangun masyarakat Indonesia yang memiliki keberagaman agama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) wujud pembentukan sikap dan perilaku toleransi beragama siswa ternyata tidak jauh berbeda. Yakni SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 dengan (a) strategi keteladanan, (b) kegiatan spontan diantaranya adalah berdoa bersama, menyanyikan lagu kebangsaan dan pembiasaan salam. SDN Kalibanteng Kulon 02 yakni dengan (a) kegiatan ter-program, (b) kegiatan sehari-hari. Sedangkan strategi yang digunakan adalah melalui keteladanan, kegiatan spontan, teguran, pengkodisian lingkungan dan kegiatan rutin. SD Kanisius Kurmosari yakni dengan wujud keteladanan, kegiatan spontan, teguran, pengkodisian lingkungan sekolah dan kegiatan rutin. (2) adapun faktor yang mempengaruhi Pembentukan Sikap dan Perilaku Toleransi Beragama Siswa di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1, SDN Kalibanteng Kulon 02 dan SD Kanisius Kurmosari memiliki beberapa pengaruh yang berbeda. Adanya pengaruh tersebut adalah tidak jauh dari kebutuhan dan situasi lingkungan sekolah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan sikap dan perilaku, Toleransi beragama; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.28 Islam and other believes
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:08
Last Modified: 12 Dec 2022 02:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18357

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics