Pembentukan karakter religius siswa : studi kasus di SMK berbasis Pesantren Darul Ulum Rejosari Kab. Grobogan

Rosyida, Fathia Fauziati (2021) Pembentukan karakter religius siswa : studi kasus di SMK berbasis Pesantren Darul Ulum Rejosari Kab. Grobogan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1703018077_Fathia Fauziati Rosyida_Lengkap] Text (Tesis_1703018077_Fathia Fauziati Rosyida_Lengkap)
1703018077_FathiaFauziatiRosyida_FULL_Tesis - tieya Rosyida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pembentukan karakter religius siswa di SMK Berbasis Pesantren Darul Ulum Rejosari. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini bersandar pada data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan riset melibatkan kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan siswa.Selain itu, riset ini juga melibatkan dokumen kurikulum sebagai dasar pembentukan karakter religius. Temuan penelitian menggambarkan bahwa pelaksanaan pembentukan karakter religius siswa SMK Berbasis Pesantren Darul Ulum Rejosari melalui kurikulum, proses pembelajaran di kelas dan pembiasaan di luar kelas.Bersamaan dengan itu, pembentukan karakter religius berdampak pada hasil tes formatif yang mencakup aspek kognitif, sikap dan perilaku siswa.Di samping itu, pembentukan karakter religius juga berdampak pada munculnya sikap dan perilaku kehidupan keseharian siswa baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Hasil riset merekomendasikan pentingnya integrasi dokumen kurikulum, proses pembentukan karakter religius dan juga karakter lainnya menjadi faktor penentu keberhasilan wujudnya kognisi, sikap dan perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Religiusitas; Pembentukan karakter; Berbasis pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:47
Last Modified: 12 Dec 2022 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18360

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics