Analisa teknikal dalam menentukan sinyal jual dan sinyal beli pada saham yang terdaftar di Jakarta Islamic Index : studi pada sub sektor telekomunikasi periode 2020-2022

Insancemerlang, Sukrona Muhammad (2022) Analisa teknikal dalam menentukan sinyal jual dan sinyal beli pada saham yang terdaftar di Jakarta Islamic Index : studi pada sub sektor telekomunikasi periode 2020-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026171_Sukrona_Muhammad_Insancemerlang] Text (Skripsi_1705026171_Sukrona_Muhammad_Insancemerlang)
Skripsi_1705026171_Sukrona_Muhammad_Insancemerlang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Lonjakan investor baru di masa pandemi Covid-19 berpotensi mempengaruhi stabilitas pasar. Maraknya pakar dan inluencer yang terus memberikan informasi tentang saham membuat masyarakat ingin ikut serta dalam perdagangan saham. Dibutuhkan pemahaman yang optimal tentang analisis pada perdagangan saham untuk menjauhkan hal spekulasi dan manipulasi yang melanggar hukum syariah Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan terhadap sinyal jual dan sinyal beli sebelum dan sesudah menggunakan indikator teknikal saham Moving Average Convergence Divergence dan Stochastic Oscillator pada saha telekomunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Komparatif dengan pengujian Hipotesis paired sample t-test. Pengujian dilakukan pada saham yang terdaftar di Jakarta Islamic Index perusahaan sub sektor Telekomunikasi periode 2020-2022. Hasil dari penelitian ini bahwa tidak terdapat perbedaan antara sinyal jual dan sinyal beli sebelum dan sesudah penggunaan indikator Moving Average Convergence Divergence dan indikator Stochastic Oscillator. Dengan demikian penggunaan indikator teknikal Moving Average Convergence Divergence dan Stochastic Oscillator dapat dikatakan akurat dalam menghasilkan sinyal jual dan sinyal beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis teknikal; Moving Average Conergence Divergence; Stochastic Oscillator; Sinyal Beli; Sinyal Jual; Saham; Telekomunikasi; Jakarta Islamic Index
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:51
Last Modified: 13 Dec 2022 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18375

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics