Muatan pendidikan seks pada buku ajar PAI dan BP di kelas atas sekolah dasar

Tsawab, Saila (2022) Muatan pendidikan seks pada buku ajar PAI dan BP di kelas atas sekolah dasar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2003018005_Saila_Tsawab] Text (Tesis_2003018005_Saila_Tsawab)
Tesis_2003018005_Saila_Tsawab.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV sekolah dasar dengan fokus masalah mencakup : (1) materi Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV SD, (2) metode Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV SD, dan (3) relevansi materi Pendidikan seks pada buku ajar PAI & SD di Kelas IV dengan perkembangan anak usia sekolah dasar menurut Havighurts.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan content analysis sebagaimana mengumpulkan data yang diperlukan dari beberapa literatur. Teknik analisis data meliputi membahas, menganalisis, mengklasifikasi dan menguraikan secara mendalam materi Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV SD.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) materi Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV SD antara lain, meliputi tanda-tanda usia baligh baik pandangan ilmu fikih dan pandangan ilmu biologi, tata cara mandi besar, larangan bagi orang yang berhadats besar, kewajiban setelah usia baligh, (2) metode pembelajaran Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV SD sangat bervariasi antara lain metode membaca intensif, metode membaca ekstensif, metode bercerita dan metode mengerjakan tugas, (3) Relevansi materi pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV dengan perkembangan usia anak sekolah dasar menurut Havighurts sama-sama memberikan petunjuk, aturan, norma dan etika tentang bagaimana mengelola organ dan nafsu seksnya secara tepat untuk tidak dipergunakan secara sembarangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan seks; Buku ajar; Pendidikan agama Islam; PAI; Bimbingan xan penyulluhan (BP); Sekolah dasar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:23
Last Modified: 12 Dec 2022 04:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18378

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics