Analisis dampak relokasi pasar terhadap para pedagang : studi kasus di pasar Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal

Hani, Umi (2022) Analisis dampak relokasi pasar terhadap para pedagang : studi kasus di pasar Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026128_Umi_Hani] Text (Skripsi_1805026128_Umi_Hani)
Skripsi_1805026128_Umi_Hani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan adanya fenomena yang terjadi di Kecamatan Margasari yaitu relokasi pasar. Relokasi ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal yang berada di Pasar Margasari. Relokasi merupakan pemindahan dari lokasi lama ke lokasi baru yang sifatnya permanen dan/atau sementara. Relokasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal diharapkan dapat memberikan kemaslahatan serta keadilan bagi semua pihak agar terciptanya kesejahteraan ekonomi pedagang di pasar. Realita yang terjadi setelah relokasi Pasar yang berada di Kecamatan Margasari setelah penulis melakukan wawancara di Lapangan kepada para pedagang, banyak yang mengalami penurunan pendapatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat komparasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: a) Lokasi, pasar Margasari setelah direlokasi lokasinya kurang sehingga mengakibatkan jumlah konsumen di pasar Margasari menurun bila dibandingkan dengan lokasi terdahulu. b) Bangunan dan Tata letak, mengenai tata letak pasar Margasari setelah direlokasi para pedagang berada pada zonasi sesuai dengan jenis barang dagangan, sehingga jumlah konsumen menurun. c) Mengenai sarana pendukung atau fasilitas-fasilitas penunjang antara pasar Margasari sebelum dan sesudah direlokasi memiliki fasilitas yang sama. Hanya saja terdapat banyak area parkir di pasar Margasari setelah direlokasi. Dari kondisi tersebut memberikan dampak terhadap kondisi para pedagang. Dimana pendapatan pedagang menurun sesudah pasar Margasari di relokasi, sehingga berdampak pula terhadap modal pedagang yang sulit berputar karena barang yang terjual sedikit, sehingga pedagang sulit mengembangkan usaha mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis dampak; Relokasi; Pasar; Pedagang
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 14 Dec 2022 08:53
Last Modified: 14 Dec 2022 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18403

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics