Pengaruh persepsi perhatian orang tua, iIntensitas membaca siswa, dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar agama siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Kecamatan Ngaliyan Semarang

Fitriyani, Amalia Nur (2022) Pengaruh persepsi perhatian orang tua, iIntensitas membaca siswa, dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar agama siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Kecamatan Ngaliyan Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1803038007_Amalia Nur Fitriyani_Lengkap] Text (Tesis_1803038007_Amalia Nur Fitriyani_Lengkap)
1803038007_Amalia Nur Fitriyani_ Lengkap Tugas Akhir - amalia yani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah perhatian orang tua, intensitas membaca dan bimbingan belajar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar agama?, Apakah intensitas membaca berpengaruh terhadap prestasi belajar agama siswa?, Apakah bimbingan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar agama siswa?, Apakah perhatian orang tua, intensitas membaca siswa dan bimbingan belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa MI Ngaliyan Semarang?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data statistik. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 2504 siswa dan jumlah sampel 217 siswa.
Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar agama di MI Kecataman Ngaliyan sebesar 58,7 % sisanya sebesar 41,3 % dipengaruhi faktor lain. Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas membaca terhadap prestasi belajar agama di MI kecamatan Ngaliyan sebesar 18,0 % sisanya sebesar
82,0 % dipengaruhi faktor lain. Terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar agama di MI kecataman Ngaliyan sebesar 23,7 % sisanya sebesar 76,3 % dipengaruhi faktor lain. Serta perhatian orang tua, intensitas membaca dan bimbingan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 63,6 % dan sisanya sebesar 36,4 % dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perhatian orang tua; Intensitas membaca; Bimbingan belajar; Prestasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:54
Last Modified: 13 Dec 2022 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18412

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics