Upaya pembentukan karakter anak melalui media audio visual di TPQ As-Shiddiq Desa Tandang Kecamatan Tembalang : analisis metode dakwah bil haal

Ma’rifatun, Nely (2021) Upaya pembentukan karakter anak melalui media audio visual di TPQ As-Shiddiq Desa Tandang Kecamatan Tembalang : analisis metode dakwah bil haal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Nely Ma’rifatun_1601016085_Skripsi Lengkap] Text (Nely Ma’rifatun_1601016085_Skripsi Lengkap)
1601016085_NELY MA_RIFATUN_ Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Nely Ma’rifatun (1601016085), Bimbingan dan Penyuluhan Islam UIN Walisongo Semarang. “Upaya Pembentukan Karakter Anak Melalui Media Audio Visual di Desa As-Shiddiq Desa Tandang Kecamatan Tembalang (Analisis Metode Dakwah Bil Haal)”.
Karakter merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Seseorang akan dinilai baik atau buruk oleh orang lain melalui karakter yang dimilikinya, maka dari itu karakter harus dibentuk ketika seseorang masih dalam usia dini. Fokus penelitian ini yaitu ingin melihat upaya yang dilakukan oleh ustadz dan ustadzah dalam membentuk karakter anak melalui pembelajaran media audio visual di TPQ As-Shiddiq Desa Tandang Kecamatan Tembalang. Peserta didik TPQ As-Shiddiq desa Tandang, Tembalang berasal dari berbagai latar belakang sosial dan pendidikan yang berbeda. Sebagian kecil sudah memiliki karakter yang baik dalam dirinya, sebagian besar lainnya memiliki permasalahan yang harus dipecahkan seperti kondisi anak yang selalu membangkang ketika dinasihati, sopan santun yang kurang terhadap guru dan lingkungan sekitar, bahkan banyak anak yang sering mengucapkan kata-kata kotor dan tak pantas untuk diucapkan. Pelaksanaan dakwah bil haal di TPQ As-Shiddiq Desa Tandang Kecamatan Tembalang memberikan bekal ilmu kepada peserta didik agar mereka mempunyai karakter yang baik. Pembelajaran melalui media audio visual menjadi salah satu bentuk metode dakwah bil haal yang dilakukan oleh ustadz dan ustadzah di TPQ As-Shiddiq dalam membentuk karakter peserta didiknya agar tumbuh menjadi anak yang berperilaku baik untuk bekal hidupnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian digunakan untuk memudahkan penganalisaan data lalu diinterpretasikan dengan cara berfikir induktif, yaitu berdasarkan pengetahuan khusus kemudian diambil suatu pemecahan yang bersifat umum, sehingga menghasilkan kesimpulan.
Temuan dari penelitian ini antara lain, Pertama Upaya Membentuk Karakter Anak Melalui Media Audio Visual di TPQ As-Shiddiq Desa Tandang Kecamatan Tembalang dilaksanakan melalui pembelajaran menggunakan media audio visual. Upaya yang dilakukan oleh ustadz dan ustadzah yaitu dengan memutarkan video atau film setiap seminggu sekali dengan materi tentang sopan santun, doa keseharian, dan surat-surat pendek dalam al-Quran. Kedua hasil analisis metode dakwah bil haal dalam upaya pembentukan karakter anak di TPQ As-Shiddiq Desa Tandang Kecamatan Tembalang menunjukkan bahwa dakwah bil haal yang dilakukan oleh ustadz dan ustadzah mampu merubah peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik dalam bersikap seperti selalu mendengarkan nasihat guru, mengucap salam ketika baru datang dan hendak pulang, makan dan minum dengan posisi duduk, dan tidak membantah perintah orang tua. Perubahan itulah yang menjadikan dakwah bil haal mampu menghantarkan peserta didik untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan mempunyai karakter yang positif melalui pembelajaran media audio visual. Dakwah bil haal menilai sejauh mana perubahan karakter peserta didik dari pembelajaran media audio visual dan akan terus mengembangkan atau memperbaiki program tersebut agar lebih baik untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembentukan karakter; Anak; Media audio visual; Metode dakwah; Dakwah bil haal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 19 Dec 2022 09:52
Last Modified: 19 Dec 2022 09:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18469

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics