Fenomena celebrity worship pada penggemar kpop idol di Kota Semarang

Hasan, Detty Layla (2021) Fenomena celebrity worship pada penggemar kpop idol di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of DETTY LAYLA HASAN_1601016123_Skripsi Lengkap] Text (DETTY LAYLA HASAN_1601016123_Skripsi Lengkap)
Detty Layla Hasan 1601016123 FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Celebrity worship merupakan sebuah fenomena yang terjadi akibat melakukan aktivitas melihat, mendengar, membaca, dan menulusuri kepribadian idola dimana pemicu utamanya terdapat kekurangan dalam pribadi sehingga mereka mencoba memenuhi dengan berbagai cara salah satunya dengan melakukan aktivitas pengidolaan. Celebrity worship biasanya dilakukan oleh remaja dimana ia sedang dalam fase krisis perubahan emosi dan kognitif sehingga membutuhkan sosok figure untuk dijadikan referensi. Dalam hal ini peneliti mencoba meninjau fenomena ini dengan bimbingan dan konseling Islam dengan rumusan masalah 1. Bagaimana fenomena celebrity worship pada penggemar KPop idol di kota Semarang ? 2. Bagaimana analisis bimbingan dan konseling ? penelitian ini berlatar belakang penggemar kpop idol dari komunitas yang berada di Semarang
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggeneralisasi kasus yang spesifik
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena celebrity worship marak berada pada penggemar idol Kpop yang ada di Semarang. Fenomena yang terjadi pada penggemar berada pada tahapan intense personal feeling atau pada tahapan yang sudah tidak normal, dilatar belakangi kesehatan mental yang rendah. Ciri kesehatan mental rendah yang sesuai dengan penggemar yakni ketidakmampuan menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan ataupun perubahan emosional yang biasanya terjadi karena fase pubertas pada remaja. Bentuk perilaku celebrity worship pada penggemar ialah dissociation, tendencies toward addiction , compulsive buying dan depression and anxiety 1.Fenomena celebrity worship pada penggemar KPop Idol di Kota Semarang terjadi karena aktivitas mendengar, melihat, membaca, dan menelusuri kepribadian idola melebihi kepeduliannya terhadap dirinya sendiri.
2.Analisis bimbingan dan konseling Islam yang digunakan pada fenomena celebrity worship penggemar Kpop Idol di Kota Semarang menunjukkan bahwa tingkat kesehatan mental yang rendah mengakibatkan dampak celebrity worship pada tingkatan yang tinggi dimana pengaruh komunitas yang menaungi penggemar mampu mermbantu mengurangi dampak celebrity worship yang bersesuaian dengan tujuan bimbingan dan konseling Islam dalam upaya pengembalian kesadaran dan kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan oranglain dalam rangka pemenuhan kebetuhan jiwa seseorang. Komunitas yang menaungi juga merepresentasikan fungsi dari bimbingan dan konseling Islam yang dengan adanya kegiatan charity dan diskusi yang dilakukan oleh komunitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: CelebrityWorship; Penggemar Kpop Idol; Bimbingan dan Konseling Islam; Fandom
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:32
Last Modified: 19 Dec 2022 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18482

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics