Implementasi dakwah melalui dzikir bersama di Majelis Al Khidmah Kota Salatiga

Wati, Sani Vera (2021) Implementasi dakwah melalui dzikir bersama di Majelis Al Khidmah Kota Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SANI VERA WATI_1601016131_Skripsi Lengkap] Text (SANI VERA WATI_1601016131_Skripsi Lengkap)
1601016131-SANI VERA WATI-FULL SKRIPSI fiks.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Sani Vera Wati (1601016131), dengan judul “Implementasi Dakwah Melalui Dzikir Bersama Di Majelis Al Khidmah Kota Salatiga (Analisis Tujuan, Materi, Dan Metode Dakwah)”
Umumnya aktivitas dakwah yang disampaikan oleh para da’i hanya berbentuk lisan, kajian-kajian kitab dan diskusi dengan sebagaian saja yang terlihat mengamalkannya. Majelis Al Khidmah merupakan salah satu majelis dzikir yang berkembang di seluruh indonesia, salah satu perkembanganya ialah di Salatiga, majelis Al Khidmah di Salatiga menggunakan beberapa metode yang diterapkan diantaranya bil hikmah, mau’idlohasanah, dan bil hal.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunaka pendekatan deskriptif. Dimana penulis turun langsung ke lapangan untuk mengetahui kejadian yang terjadi di lapangan secara sistematis dan terperinci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, tujuan dakwah melalui dzikir bersama di majelis Al Khidmah Salatiga untuk mengajak jama'ah selalu berdzikir dimanapun dan kapanpun agar memperoleh hati yang tenang, damai, tentram dan kebahagiaan dunia maupun akhirat. Kedua, materi dakwah melalui dzikir bersama di majelis Al Khidmah Salatiga yaitu tawasul, istighotsah, pembacaan manaqib Syaikh Abdul Qodir Al Jailani, maulidurrasul SAW dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menjadi tameng dalam diri jamaah. Ketiga, metode dakwah melalui dzikir bersama di majelis Al Khidmah Salatiga yaitu metode bil hikmah dan mau’idlohasanah metode ini efektif dilakukan AL khidmah untuk mencetak generasi yang sholih sholihah sesuai dengan Al Quran dan hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi Dakwah; Dzikir; Majelis Taklim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:38
Last Modified: 19 Dec 2022 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18483

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics