Bimbingan menghafal Al-Qur’an di Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) Suko Mulyo Tegal dan relevansinya dengan metode dakwah kepada remaja

Umami, Yustika (2021) Bimbingan menghafal Al-Qur’an di Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) Suko Mulyo Tegal dan relevansinya dengan metode dakwah kepada remaja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of YUSTIKA UMAMI_1701016082_Skripsi Lengkop] Text (YUSTIKA UMAMI_1701016082_Skripsi Lengkop)
1701016082_Yustika Umami_Tugas Akhir Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang paling membingungkan karena masa dimana individu mulai mencari jati diri, perasaan yang sering berubah-ubah, dan sulit untuk meningkatkan kematangan berfikir. Pada masa remaja cenderung memiliki masalah dalam menjalani kehidupannya, baik dari segi individu, sosial, fisik, budaya ataupun aspek lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkannya peran dan pendampingan oleh seorang pembimbing dalam melaksanakan tugas-tugas perkembangannya. Seperti halnya remaja panti di PPSA Suko Mulyo Tegal yang memiliki latar belakang berbeda dari remaja lainnya, yaitu berasal dari keluarga yang kurang mampu dan yatim piatu sehingga mereka memerlukan bimbingan yang tepat supaya remaja panti dapat mengatasi kesulitan-kesulitan didalam kehidupannya. Bimbingan yang diterapkan di PPSA yaitu melalui materi menghafal al-Qur’an. Bimbingan yang dilakukan dengan metode keteladanan, adat pembiasaaan dan pemberian nasihat. Melalui metode ini, diharapkan remaja panti dapat mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga tercapai perkembangan yang optimal.
Jenis metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola panti, pembimbing dan remaja panti.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan di latarbelakangi oleh kondisi remaja panti yaitu berasal dari keluarga yang kurang mampu dan yatim piatu sehingga mereka memerlukan bimbingan. Metode bimbingan yang diterapkan kepada remaja panti dengan materi menghafal al-Qur’an diantaranya: Pertama keteladanan yaitu pembimbing harus mencontohkan yang baik dalam menghafal al-Qur’an kemudian diikuti oleh remaja panti. Kedua kebiasaan ber-muraja’ah yaitu pembimbing menyimak hafalan al-Qur’an yang telah dihafal secara rutin sebelum melangkah pada hafalan selanjutnya. Ketiga pemberian nasihat yang diberikan oleh pembimbing berupa motivasi menghafal dan pesan positif menggugah semangat menghafal. Tujuan bimbingan untuk mengembangkan potensi menghafal al-Qur’an yang dimiliki remaja panti. Sedangkan fungsi bimbingan yaitu mengantisipasi hafalan al-Qur’an yang mereka miliki agar tidak mudah lupa, tetap terjaga dan mengalami peningkatan. Relevansi bimbingan menghafal al-Qur’an dengan metode dakwah kepada remaja terletak pada fungsi dan tujuan penerapannya yang dilakukan secara intens. Relevansi juga terletak pada metode bil hikmah yaitu bimbingan yang diterapkan oleh pembimbing menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh remaja panti, sedangkan metode mau’idzah hasanah berupa ungkapan yang mengandung unsur nasihat kepada remaja panti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Remaja; Metode dakwah; Menghafal Al-Qur’an; Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:31
Last Modified: 30 Dec 2022 02:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18501

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics