Pelaksanaan bimbingan dzikir dalam meningkatkan kebahagiaan lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan

Ulya, Salwa Syifa`ul (2021) Pelaksanaan bimbingan dzikir dalam meningkatkan kebahagiaan lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SALWA SYIFA`UL ULYA_1701016099_Skripsi Lengkap] Text (SALWA SYIFA`UL ULYA_1701016099_Skripsi Lengkap)
1701016099_Salwa Syifa_ul Ulya_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Salwa Syifa’ul Ulya (1701016099) yang berjudul: “Pelaksanaan Bimbingan Dzikir Dalam Meningkatkan Kebahagiaan Lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan”. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang tahun. 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lansia yang mengalami kehilangan makna hidup yang sebenarnya, mereka merasa kesepian dan rasa kesepian tentu menjadikan lansia cenderung kurang bahagia. Pada hakikatnya agamalah yang mengajarkan manusia tentang kehidupan yang bermakna dan sesungguhnya Allah menjadi sumber kebahagiaan yang hakiki. Bimbingan dzikir merupakan bentuk bantuan dengan menggunakan kalimat-kalimat dzikir dan bisa dibaca diulang-ulang juga bisa dilakukan kapanpun. Oleh karena itu bimbingan dzikir diperlukan supaya lansia bisa menggunakan waktu luangnya dengan kegiatan yang bermanfaat. Dzikir juga bisa meningkatkan dan membangkitkan perasaan tentram dan bahagia serta memberikan ketentraman tersendiri dalam hatinya dan bisa lebih dekat dengan Allah sehingga lansia bisa hidup nyaman dan bahagia di panti.
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui kondisi kebahagiaan lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan. 2). Mengetahui pelaksanaan bimbingan dzikir dalam meningkatkan kebahagiaan lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model analisis data kualitatif yang di tempuh beberapa langkah yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (merangkum data).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama mayoritas kondisi kebahagiaan para lansia sebelum mengikuti kegiatan dzikir di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan adalah jiwa merasa kesepian, perasaan tidak tenang. Sedangkan Setelah mengikuti kegiatan dzikir kondisi kebahagiaan para lansia banyak mengalami banyak perubahan terutama lansia merasa lebih tenang, damai dan lebih dekat dengan Allah dalam kehidupan sehari-hari lansia. Kedua pelaksanaan bimbingan dzikir dalam meningkatkan kebahagiaan lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan. Proses pelaksanaan bimbingan dzikir di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan setelah selesai sholat lima waktu. Tujuan bimbingan dzikir adalah untuk bisa lebih mendekatkan diri pada sang maha pencipta, untuk dapat memaknai hidup lansia, untuk membuat perasaan merasa bahagia di lahir dan batin lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Dzikir; Kebahagiaan; Lansia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:27
Last Modified: 30 Dec 2022 02:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18503

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics